-0.3 C
New York
Sunday, March 7, 2021
Home Kesehatan Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan dan Organ Dalam Tubuh

Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan dan Organ Dalam Tubuh

Manfaat air putih hangat- Mungkin kita menganggap kegiatan minum air putih hangat adalah suatu hal yang sepele. Namun, minum air putih akan sangat bermanfaat bagi tubuh jika kita mengonsumsinya dalam jumlah dan aturan yang tepat.

Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa minum air hangat ternyata bisa membawa manfaat lebih jika kita lakukan secara rutin. Pengobatan asal negara Tiongkok dan India kuno meyakini bahwa minum air putih pada setiap pagi hari bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan memberi sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

 

Sejumlah penelitian menemukan bahwa air hangat bisa mengobati hidung tersumbat dan dapat membuat kita merasa lebih tenang.

Jika hendak merasakan manfaat air putih hangat pada tubuh secara langsung, dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap selesai makan atau kamu bisa meminumnya minimal tiga hingga empat kali shari secara rutin.

 

Berikut Manfaat Air Putih Hangat Bagi Tubuh :

Sumber : asset-a.grid.id

1. Memerlancar pencernaan

Minum air putih hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Sebab, organ yang terdapat dalam saluran pencernaan akan terhidrasi lebih baik, sehingga mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

Selain itu, air hangat juga berperan sebagai cairan pelumas yang memperlancar saluran pencernaan itu sendiri.

 

2. Manfaat air putih hangat untuk mengobati sembelit

Salah satu masalah perut yang banyak dialami karena kurangnya mengonsumsi air adalah konstipasi (sembelit). Konstipasi sendiri biasanya terjadi ketika tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan dan tidak bisa dikeluarkan secara efektif dari rektum. Akibatnya, tinja akan menjadi keras dan kering sehingga lebih sulit lagi untuk dikeluarkan dari rektum.

Penumpukan kotoran pada usus inilah yang menjadikan sistem kerja saluran usus besar menurun sehingga terjadi sembelit.

 

Jika sudah terjadi sembelit, biasanya seseorang akan sulit untuk buang air besar bahkan bagi sebagian orang yang mengalami konstipasi, akan mengalami buang air besar yang terasa sangat menyakitkan.

Untuk menangani masalah ini Kamu dapat mengonsumsi segelas air hangat di pagi hari ini berguna untuk mengobati konstipasi dan juga dapat meningkatkan kerja usus besar. Minum air putih hangat juga dipercaya dapat membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Ungu yang Wajib Anda Dapatkan. Yuk, Intip!

 

3. Melegakan hidung tersumbat

Uap hangat yang berasal dari air panas terbukti mampu membantu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Kamu dapat melakukannya dengan cara menghirup uap dari air panas tersebut.

Sedangkan untuk pencegahannya, kamu dapat melakukan minum air hangat secara rutin. Cara ini sangat efektif dilakukan karena bisa mencegah terbentuknya mukosa di leher.

 

4. Melegakan sistem syaraf

Siapa sangka ternyata minum air putih hangat bisa membantu melegakan sistem syaraf pusat dan berguna sebagai pelumas dalam organ dalam tubuh kita. Dengan fungsi sistem syaraf yang optimal, fungsi tubuh kita juga akan berjalan dengan baik dan sesuai, sehingga kita akan minim merasakan sakit.

 

5. Menurunkan berat badan

manfaat air putih hangat
Sumber : www.honestdocs.id

Ternyata minum air hangat bisa membantu meluruhkan cadangan lemak yang ada dalam tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan kata lain air hangat dapat digunakan sebagai cara diet sehat.

Kenapa bisa demikian? Itu disebabkan karena minum air hangat bisa menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

 

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu dapat mengkombinasi air putih hangat dengan campuran lemon atau madu (atau keduanya) setiap setelah makan. Lemon mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta cocok dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang melakukan diet alkaline.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Daun Kelor untuk Mata dan Organ Tubuh Lainnya

 

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Bukan hanya bermanfaat sebagai media untuk melakukan diet, mengonsumsi air hangat juga dapat memperlancar sistem syaraf yang kemudian berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat terbukti mampu membantu organ dalam tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

 

7. Menghilangkan racun tubuh

Selain itu, minum air hangat juga dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh kita.

Jika kita meminumnya secara rutin, pastilah sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Sehingga racun-racun yang ada di tubuh akan keluar dengan sendirinya melalui keringat tersebut.

 

8. Meredakan nyeri akibat menstruasi (dismenorrhea)

Manfaat minum air hangat yang selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri akibat menstruasi, ini dikarenakan air hangat bisa meningkatkan aliran darah ke otot perut yang membantu menenangkan dan merilekskan syaraf otot.

Air hangat juga membawa efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi.

 

Ini sangat bermanfaat bagi para wanita yang sedang mengalami kram akibat menstruasi. Penggunaan dengan cara lainnya yaitu kamu bisa memanfaatkan air hangat yang di masukkan ke kantong kompres (buli-buli) kemudian letakkan pada bagian perutmu yang mengalami kram.

 

9. Air putih hangat untuk meredakan stres

Bagi kamu yang sering merasakan ster akibat tekanan belajar ataupun bekerja, kamu biasa meredakan stresmu dengan cara minum air hangat.

Siapa sangka, ternyata dengan minum air hangat dapat membuat otot merasa rileks sehingga level hormon kortisol (penyebab stres) menurun.

 

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai manfaat air putih hangat bagi kesehatan dan juga organ yang ada dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Manfaat Sari Kacang Hijau yang Sayang Jika Dilewatkan

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit