web hit counter
Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan Tubuh. Yuk Wajib Baca!

Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan Tubuh. Yuk Wajib Baca!

manfaat air zam zam

Manfaat air zam zam – Air zam zam adalah salah satu buah tangan selain kurma yang pada umumnya dibawa ketika sepulang dari tanah suci. Keunikan dari air zam zam yaitu dimana kuantitas airnya yang sudah diambil oleh jutaan orang namun tidak pernah habis.

Air zam zam pertama kali muncul dalam kisah Siti Hajar yang berusaha mencari makanan atau minuman untuk sang anak, Ismail AS. Siti Hajar pun berlari bolak-balik dari bukit Safa ke bukit Marwah sampai tujuh kali.

Tidak mendapatkan apapun untuk diminumkan kepada anaknya, tiba-tiba saja Nabi Ismail AS menghentak kaki lalu muncullah mata air. Bahkan sampai sekarang mata air itu masih memancar dan disebut sebagai air zam zam yang bermakna “berkumpulah.”

Bagi umat Islam, keutamaan air zam zam telah disebutkan dalam lebih dari satu hadits. Antara lain, hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa air zam zam merupakan sebaik-baik air yang tersedia di dunia.

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zam zam.” (HR Ahmad).

Kemudian Rasulullah juga mengatakan bahwa air zam zam dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Rasulullah SAW bersabda, “Air zam zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim).

Selain menjadi salah satu sunnah yang diajarkan dan bisa menghalau rasa haus, ternyata air zam zam juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini afuza.co.id rangkumkan dari berbagai sumber mengenai manfaat air zam zam bagi kesehatan tubuh:

Manfaat Air Zam Zam Bagi Kesehatan dan Menyembuhkan dari Berbagai Macam Penyakit

1. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Proses pengolahan kalori yang tersimpan dalam bentuk lemak menjadi tenaga disebut metabolisme. Semakin lancar metabolisme dalam tubuh, maka kekuatan yang diperoleh akan semakin besar. Dalam air zam zam terkandung molekul bernama aquaporin.

Membuka pori-pori dalam sel supaya zat-zat lain yang diperlukan dalam proses metabolisme dapat masuk ke dalam sel adalah fungsi dari aquaporin. Hal ini pasti akan dapat membuat metabolisme tubuh menjadi semakin lancar.

manfaat air zam zam

Sumber: saudinesia.com

2. Membantu Proses Regenerasi Sel Tubuh

Antioksidan yang terkandung di dalam air zam zam berkhasiat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Tubuh akan sehat dengan sel-sel baru apabila kerja regenerasi sel dapat berjalan maksimal.

Dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, sehat dan awet muda adalah beberapa contoh dari regenerasi sel kulit mati untuk digantikan dengan kulit baru.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsiun yang terkandung dalam air zam zam juga diperlukan untuk merawat gigi dan tulang dari pengeroposan. Kadar kalsium yang tinggi sangat diperlukan dalam proses perkembangan anak.

4. Memperlancar Peredaran Darah

Minum air zam zam bisa membantu peredaran darah. 90 persen darah manusia mempunyai kandungan air, kekurangan air dalam darah membuat darah menjadi kental sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh terhambat.

Fungsi dari darah yaitu untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh termasuk otak. Terganggunya peredaran darah membuat kerusakan sel-sel otak, supaya tidak mengundang banyak gangguan kesehatan hingga stroke.

5. Air Zam Zam dapat Membantu Perkembangan Janin

Air zam.zam yang diminum oleh ibu hamil bisa membantu dalam pembentukan otak dan perkembangan organ tubuh janin.

6. Air Zam Zam dapat Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

Seperti disebutkan dalam hadis di atas, meminum air zam zam dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit tergantung dari niat orang yang meminumnya. Dengan do’a dan harapan kepada Allah SWt semoga segala penyakit yang ada dalam tubuh diangkat oleh Allah SWT.

Kiky Wulandari

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.