Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan di Bumi, Berikut Ulasannya!

0
69
manfaat atmosfer bagi kehidupan
Advertisement

Advertisement

Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan – Atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti bumi. Lapisan gas ini terdiri atas uap air, kripton, hidrogen, kalium, ozon, nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, neon, serta xenon. 

Terdapat enam lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Lapisan-lapisan tersebut memiliki perannya tersendiri. Troposfer merupakan lapisan paling pertama yang mempunyai jarak 8-14 km dari permukaan bumi. Pada lapisan inilah perubahan cuaca terjadi.

Lapisan kedua merupakan stratosfer yang menjadi tempat penyusunan ozon. Terdapat lapisan gas yang melindungi permukaan bumi dari jatuhnya meteor, yaitu mesosfer.

Selain itu, terdapat termosfer yang bisa memantulkan gelombang radio dan tempat terjadinya fenomena alam aurora. Lapisan ionosfer adalah lapisan pertama yang akan melindungi dari jatuhnya meteor sebelum sampai ke mesosfer.

Sementara lapisan terluar yaitu eksosfer yang berfungsi sebagai perlindungan pertama bumi kepada cahaya matahari. Fungsi lapisan atmosfer bagi kehidupan di bumi ini memang sangat penting. 

Lalu apa manfaatnya bagi kehidupan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat atmosfer bagi kehidupan yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Sumber: https://inakoran.com

Beberapa Manfaat Lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan di Bumi yang Perlu Anda Ketahui!

Berikut merupakan sejumlah manfaat lapisan atmosfer yang perlu Anda ketahui:

1. Melindungi dari Ultraviolet

Lapisan gas yang menyelimuti bumi salah satunya memiliki manfaat sebagai penyerap cahaya ultraviolet yang dipaparkan oleh matahari.

Hal tersebut membuat makhluk hidup yang ada di bumi bisa terlindung dari paparan cahaya ultraviolet yang berbahaya.

2. Mempertahankan Kehidupan di Bumi

Beberapa kandungan gas yang terdapat pada lapisan ozon yaitu seperti oksigen. Oleh seluruh makhluk hidup di bumi ini, oksigen dibutuhkan untuk bertahan hidup.

3. Mempertahankan Keseimbangan Energi

Terjadinya siklus perpindahan air pada lapisan troposfer nantinya akan menyebabkan hujan. Fenomena ini dihasilkan oleh ketidaksamaan panas di permukaan bumi, sehingga menjadikan pergerakan udara di lapisan ozon serta air di laut.

manfaat atmosfer bagi kehidupan

Sumber: https://star.grid.id

4. Melindungi Bumi

Sebelum menyentuh bumi, benda asing di angkasa yang jatuh akibat gravitasi akan terbakar pada lapisan mesosfer dan ionosfer. Adanya lapisan akan membuat makhluk di bumi terlindungin dari bahaya jatuhnya benda luar angkasa.

Selain itu, lapisan atmosfer juga memantulkan panas cahaya yang dipancarkan oleh matahari ke angkasa, serta mengatur proses penerimaan panas.

Banyak manfaat dimiliki lapisan gas yang menyelimuti bumi ini bagi kehidupan di bumi. Mari lindungi bumi kita dari globalisasi, agar lapisan atmosfer tetap bisa berfungsi dengan baik.

Ada Berapa Lapisan Atmosfer yang Menjaga Kehidupan?

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat enam lapisan atmosfer yang menjaga kehidupan, yaitu:

manfaat atmosfer bagi kehidupan

Sumber: https://guratgarut.com

1. Troposfer

Lapisan troposfer adalah lapisan yang paling dekat dengan bumi, dengan jarak 8-14 kilometer dari permukaan bumi. Dinamakan Tropos sebab aktivitasnya terus berubah-ubah.

2. Stratosfer

Lapisan stratosfer memiliki tebal 35 kilometer, dan batas lapisan ini hingga ketinggian 50 kilometer. Lapisan stratosfer kebalikan dengan troposfer, udara di lapisan bawah stratosfer dingin dan semakin ke atas akan terasa panas.

Pada lapisan stratosfer ini tidak memiliki awan, sehingga lapisan ini tidak bergejolak dan kering. Sehingga, tidak heran jika pesawat memilih terbang pada lapisan ini.

3. Mesosfer

Dikasih nama meso sebab posisinya berada di tengah. Dengan ketinggian 50-85 kilometer dan ketebalan 35 kilometer. Udara di lapisan ini benar-benar tipis, sehingga kita tidak dapat bernafas di sini.

Sumber: https://www.kompas.com

4. Thermosfer

Suhu di lapisan ini dapat menempuh 1.500 derajat celcius. Namun jika sudah berada di lapisan ini, maka akan terasa dingin. Hal ini dikarenakan tidak ada molekul gas untuk menghantarkan panas ke tubuh kita.

Thermosfer menjadi lapisan atmosfer yang cukup tebal dengan ketebalan menempuh 513 kilometer. Di sinilah tempat satelit milik berbagai negara dan perusahaan terparkir.

5. Ionosfer

Ionosfer ialah lapisan unik sebab posisinya bertumpuk di mesosfer, thermosfer, dan eksosfer. Lapisan ini bergerak dan bergejolak, tergantung kekuatan yang diresapi dari matahari.

Nama atmosfer ini berasal dari ion, senyawa yang mengandung listrik. Ion diciptakan oleh gas-gas yang ada di lapisan ini yang terpapar radiasi matahari.

6. Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan yang letaknya paling luar dan menjadi lapisan paling tebal. Tidak ada penetapan batas pasti lapisan terluar atmosfer, tapi NASA mengaplikasikan batas 10.000 kilometer.

Eksosfer hanya menaruh gas seperti hidrogen dan helium. Namun, gas-gas tersebut berceceran.

Baca Juga: Apa Manfaat Air Bagi Petani dalam Bidang Pertanian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here