Home Kesehatan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Yuk! Baca Selengkapnya...

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Yuk! Baca Selengkapnya…

Manfaat bawang putih untuk kesehatan – Manfaat bawang putih terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tetapi termasuk dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Bawang putih sendiri sudah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India apalagi Tiongkok. Tanaman dari kelompok Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai macam kepentingan medis.

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi banyak bawang putih dapat menurunankan tekanan darah, tingkat kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga memperbaiki sirkulasi darah serta menghindari risiko penyakit jantung.

Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Menjaga Kesehatan

Berikut ini afuza.co.id rangkum ulasan berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1. Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol

Bawang putih diduga juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih bisa mengendurkan otot halus dan juga melebarkan pembuluh darah.

Namun, bukan berarti bawang putih bisa menjadi obat hipertensi dan kolesterol yang cukup efektif, dikarenakan masih memerlukan penelitian lebih luas.

2. Bawang Putih untuk Mengatasi dan Menahan Pilek

Bawang putih bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Sebuah penelitian menyatakan jika mereka yang seringkali mengonsumsi bawang putih akan jarang mengalami flu dan juga pilek. Jika mengalami pilek pun, dapat lebih cepat sembuh.

Khasiat yang dimiliki bawang putih bisa semakin maksimal seandainya dikonsumsi dalam kondisi mentah, sebab pemasakan bawang putih yang terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya.

Tidak hanya itu saja, seandainya Anda memiliki niat untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

3. Bawang Putih untuk Menjaga Kebugaran Jantung

Manfaat lain dari bawang putih adalah bisa melindungi kesehatan jantung. Sebuah penelitian menemukan jika konsumsi suplemen yang memiliki persentase bawang putih berpotensi memberi efek perlindungan bagi jantung.

Efek tersebut nampak dari kemampuan bawang putih yang bisa menurunkan persentase kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Bukan hanya baik bagi jantung, bawang putih ternyata termasuk berguna untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan zat allicin pada bawang putih berguna untuk antibiotik dan antijamur. Penelitian menyatakan seandainya manfaat bawang putih bisa digunakan untuk melawan bakteri H.pylori pada lambung.

5. Bawang Putih untuk Mencegah Kanker

Manfaat bawang putih yang banyak diteliti lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Penelitian menyatakan jika bawang putih bisa menghimpit aktivitas sel kanker. Bawang putih memiliki potensi sumber antikanker.

6. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Bawang putih memiliki persentase anti bakteri, sehingga bisa menanggulangi bakteri plak yang menjadi penyebab kerusakan gigi.

Tak hanya itu, manfaat bawang putih mentah termasuk bisa menanggulangi infeksi mulut. Anda dapat memakai bawang putih bersamaan dengan antibiotik sebagai penjaga kesehatan mulut.

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Sumber: www.klikdokter.com

Tips Mengkonsumsi Bawang Putih

Pada saat Anda mengonsumsi bawang putih mentah, umumnya masalah yang muncul adalah bau. Bawang putih bisa menimbulkan bau mulut dalam waktu yang lama setelah memakannya.

Terlebih disaat dimakan dalam kondisi mentah. Jika Anda ingin mengonsumsi bawang putih tetapi tidak ingin menimbulkan bau nafas, berikut berbagai macam tips yang bisa Anda ikuti, antara lain:

1. Konsumsi Makanan Segar

Anda bisa mengonsumsi buah segar setelah mengonsumsi bawang putih, seperti apel, pir dan buah yang lainnya. Makanan ini bisa menghalau bau mulut.

2. Setelah Mengonsumsi Bawang Putih, Segera Sikat Gigi

Plak gigi adalah bakteri yang menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyikat gigi setelah makan bawang putih.

Selain itu, juga bisa membantu menghalau sisa makanan yang menjadi penyebab bau. Penggunaan sikat gigi elektrik dapat membantu menyikat di bawah garis gusi dan juga menghindari plak.

3. Gunakan Obat Kumur

Banyak bukti ilmiah mengutarakan jika obat kumur dengan persentase klorin dioksida bisa membantu dalam menghalau bakteri lidah, plak dan juga sisa makanan.

Lebih baik memakai obat kumur setelah menyikat gigi dan juga flossing. Perhatikan dosis dan petunjuk penggunaan obat kumur, sehingga bisa menghindari penggunaan berlebih dan iritasi mulut.

Itulah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit