Home Kesehatan Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janinnya. Yuk Simak!

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janinnya. Yuk Simak!

Manfaat buah naga untuk ibu hamil – Manfaat dari buah naga untuk ibu hamil memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral pada buah naga ini mempunyai peran yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Yuk, baca lebih lanjut manfaat buah naga untuk ibu hamil!

Salah satu khasiat buah naga untuk ibu hamil yang terpenting adalah untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Selain itu, buah naga juga bisa membantu menanggulangi berbagai macam keluhan yang sering dialami ibu hamil, misalnya sembelit dan anemia.

Hal ini dikarenakan kandungan berbagai nutrisi penting pada buah naga, seperti vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, dan juga zat besi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan seandainya buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Berikut Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Diabaikan

Buah naga yang mengandung berbagai kandungan nutrisi dapat membantu ibu hamil melewati masa kehamilannya dengan sehat dan kuat. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari buah naga yang sangat penting bagi ibu hamil. Yuk! Simak ulasan artikelnya berikut ini:

1. Mencegah Cacat Lahir

Buah naga menjadi salah satu pilihan buah yang sehat untuk ibu hamil, dikarenakan jumlah asam folat yang berlimpah di dalamnya. Kandungan folat akan menghindarkan bayi yang belum lahir dari cacat tabung saraf.

Buah naga mempunyai beberapa nutrisi penting lainnya seperti vitamin B1, B2, B3, dan vitamin C. Buah naga juga mengandung nutrisi penting lainnya, untuk meningkatkan kesehatan janin, dan perkembangan serta pertumbuhannya yang optimal.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Sumber: www.klikdokter.com

2. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium pada buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor yang terkandung pada buah naga juga bisa membantu proses pertumbuhan tulang pada janin.

3. Manfaat Buah Naga untuk Meningkatkan Hemoglobin

Kandungan vitamin C dan zat besi pada buah naga dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin pada ibu hamil. Jadi, buah naga dapat membantu mengurangi risiko anemia serta setiap efek tidak baik yang disebabkan oleh kadar hemoglobin yang rendah.

4. Mengobati Sembelit dan Kontipasi

Konstipasi merupakan keluhan yang umumnya paling sering dialami oleh para ibu hamil. Kandungan serat tinggi pada buah naga pun dapat membantu melawan sembelit. Nutrisi pada buah naga berkhasiat untuk melawan banyak masalah pencernaan lainnya.

5. Kelebihan dari Buah Naga yang Kaya Vitamin C

Selama kehamilan, mencukupi kebutuhan vitamin C adalah hal yang penting untuk membantu perkembangan gusi, gigi dan tulang pada janin. Bukan cuma itu saja, vitamin C juga bisa menangkal radikal bebas yang dapat mencegah terkena penyakit.

6. Sumber Karbohidrat yang Baik

Sebagai sumber karbohidrat alami, 100 gram buah naga mempunyai kurang lebih 9 hingga 14 gram karbohidrat. Rekomendasi untuk karbohidrat selama kehamilan adalah sekurang-kurangnya 135 gram per hari.

Karbohidrat menyediakan sumber energi utama selagi janin tumbuh dalam kandunga Mama. Makan seporsi buah naga setiap hari bisa membantu Mama memelihara energi dan stamina, agar dapat menjalani masa kehamilan dengan baik.

7. Manfaat Buah Naga untuk Mengontrol Gula Darah

Kandungan gula yang rendah bisa mengontrol gula darah, agar Mama terhindar dari kasus diabetes gestasional yang banyak dialami ibu hamil. Alih-alih mengkonsumsi keripik kentang atau donat, Mama bisa menjadikan buah naga sebagai camilan sehat selama masa hamil.

Itulah berbagai macam khasiat buah naga untuk ibu hamil yang tidak boleh diabaikan. Semoga artikel mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit