Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

0
91
manfaat buah semangka untuk ibu hamil
Advertisement

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil – Ibu hamil sangat membutuhkan asupan makanan kaya akan nutrisi, seperti buah dan sayur. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka nutrisi anak telah terpenuhi semenjak dalam kandungan.

Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, maka bisa mengakibatkan berbagai jenis kendala seperti rasa mual dan muntah-muntah. Rasa mual yang tidak jarang disertai muntah-muntah ini akan membuat ibu hamil beresiko dehidrasi. Salah satu buah yang dapat mencegah dehidrasi pada ibu hamil, yaitu buah semangka.

Advertisement

Selain dehidrasi, semangka juga memiliki segudang manfaat lain untuk ibu hamil. Pasalnya, berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah semangka bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil didapatkan karena buah ini mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin C, kalium, likopen, tembaga, dan asam amino citrulline. Semangka juga mempunyai cita rasa yang manis dan mengandung air yang banyak sehingga menyegarkan untuk disantap ibu hamil.

Komposisi buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 7,5 persen karbohidrat. Buah ini hampir tidak mengandung lemak dan protein, serta cuma sedikit mengandung kalori. Kandungan airnya yang tinggi amat baik untuk tubuh, karena bisa membantu ibu hamil terhidrasi dengan baik.

manfaat buah semangka untuk ibu hamilSumber: https://jovee.id

Lalu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil selain itu? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil yang Perlu Bunda Ketahui!

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Semangka amat kaya akan kandungan air. Seandainya dikonsumsi secara rutin, semangka bisa menghindarkan ibu hamil dari potensi terserang dehidrasi atau bahkan kekurangan cairan.

Meskipun begitu, mengonsumsi semangka juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Jika berlebihan mengonsumsi semangka, maka akan membuat ibu hamil ingin buang air kecil secara terus menerus.

2. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu mengurangi gejala morning sickness. Morning sickness yaitu salah satu gejala yang paling kerap dialami oleh kaum wanita di masa–masa awal kehamilan.

Walaupun ini merupakan hal yang wajar, tetapi gejalanya benar–benar sangat mengganggu. Nah, untuk mengatasi nya, ibu hamil bisa mengonsumsi buah semangka secara rutin di pagi hari. Dengan kadar nutrisi yang komplit dan rasa yang lezat dari buah semangka ini bisa membantu mengurangi gejala morning sickness yang dialami.

manfaat buah semangka untuk ibu hamilSumber: https://www.merdeka.com

3. Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

Perubahan hormon secara tiba–tiba yang terjadi di masa kehamilan kerap menyebabkan pelemahan sistem imun dalam tubuh. Seandainya dibiarkan begitu saja, ibu hamil akan lebih rentan terserang bibit-bibit penyakit.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil amat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah–buahan yang kaya akan vitamin C dan zat antioksidan, termasuk salah satunya yaitu buah semangka.

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah semangka, maka akan bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh ibu hamil. Sehingga ibu hamil tidak mudah terserang bibit-bibit penyakit.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah sebagai Media Kecantikan…

4. Melancarkan Proses Pencernaan dalam Tubuh

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu melancarkan sistem kerja pencernaan dalam tubuh. Selain kaya akan air, buah semangka juga amat kaya akan serat.

Seandainya dikonsumsi secara rutin, kandungan air dan serat yang terdapat dalam buah semangka bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh ibu hamil.

5. Mencegah Konstipasi dan Sembelit

Tidak cuma sekadar melemahkan sistem imun, perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan sesekali juga bisa menyebabkan berbagai jenis permasalahan pencernaan seperti konstipasi dan sembelit.

Nah, karena buah semangka mempunyai kadar air dan serat yang amat tinggi, buah ini bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan berupa konstipasi dan sembelit.

Sumber: https://www.fimela.com

6. Melancarkan Aliran Urin

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu melancarkan aliran urin. Semakin banyak volume air yang dikonsumsi, maka semakin lancar pula aliran urin dalam tubuh seseorang (asumsi tubuh berada dalam kondisi normal).

Nah, karena semangka amat kaya akan air, Anda bisa memanfaatkannya untuk memenuhi keperluan cairan harian tubuh Anda di masa kehamilan. Karena, dengan mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air, aliran urin di tubuh Anda bisa lebih lancar.

Baca Juga: Manfaat Berjemur Dipagi Hari untuk Kesehatan Tubuh, Yuk, Intip!

7. Mengurangi Gejala Bengkak

Saat morning sickness, mual dan muntah, bengkak juga termasuk ke dalam salah satu gejala yang kerap kali dialami di masa kehamilan. Nah, kalau Anda mengalami gejala bengkak–bengkak selama masa kehamilan, Anda bisa mengonsumsi buah semangka untuk mengurangi gejala bengkak yang terjadi.

Dengan kandungan air yang terdapat di dalam semangka, maka sistem peredaran darah di sekitar pembuluh darah bisa berjalan dengan lebih lancar, sehingga pembengkakan  (endema) pun bisa dihindari atau dikurangi.

8. Mencegah Kram Otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu mencegah terjadinya keram otot punggung. Pada saat masa kehamilan mulai menjelang usia 6 bulan, perut ibu umumnya telah mulai terasa berat. Akibatnya, otot punggung pun akan lebih mudah mengalami kram karena dipaksa bekerja menahan beban yang cukup berat.

Untuk mengatasinya, ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi buah–buahan yang bisa memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh, termasuk salah satunya yaitu buah semangka.

Sumber: https://www.liputan6.com

9. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rangka Janin

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu memaksimalkan proses pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan amat bertumpu pada ketersediaan nutrisi mineral yang ada dalam tubuh ibu.

Supaya nutrisi mineral berupa kalsium, kalium, dan lainnya bisa terpenuhi dengan baik, ibu hamil amat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah–buahan yang kaya akan zat mineral, termasuk salah satunya yaitu semangka.

Dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada buah semangka, maka bisa membantu memaksimalkan proses pertumbuhan rangka janin dalam kandungan.

10. Mencegah Terjadinya Pigmentasi

Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan sesekali juga bisa menyebabkan terjadinya pigmentasi pada kulit. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi buah–buahan yang mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit, termasuk salah satu nya yaitu buah semangka.

Baca Juga: Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya…

11. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Preklampsia

Siapa sangka rupanya buah semangka ini bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena preklamsia yang kerap kali terjadi pada ibu hamil. Apa itu preklampsia? Preklampsia yaitu gangguan kehamilan yang biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar proten dalam urin.

Jika kadar protein dalam urin meningkat, itu artinya terdapat kerusakan pada ginjal. Hal tersebut didasarkan pada penelitian dari International Journal of Gynecology and Obstetrics dimana dengan mengonsumsi likopen setidaknya 4 mg sehari, bisa mengurangi resiko terkena preklampsia.

Jika dikonsumsi secara rutin, resiko terkena preklampsia bisa ditekan hingga 50%. Nah, sebagaimana yang kita ketahui, buah semangka ini kaya akan kandungan likopen, maka amat baik untuk dikonsumsi ibu hamil

Sumber: https://www.liputan6.com

12. Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung yaitu organ tubuh yang amat vital fungsinya. Nah dengan mengonsumsi buah semangka yang kaya akan likopen, maka akan membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Jantung sang ibu ataupun si bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, memakan semangka bisa memelihara kesehatan jantung.

13. Meredakan Asam Lambung

Buah semangka rupanya juga bermanfaat untuk meredakan asam lambung yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Buah semangka ini juga mempunyai efek menenangkan pada perut.

14. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

Buah semangka ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, terlebih ketika kehamilan berusia bulan ke-2 hingga ke-4. Pada bulan-bulan permulaan ini, kebanyakan ibu hamil yang saya ketahui cerah wajahnya seperti orang kelelahan dan pucat.

Di sinilah, konsumsi semangka bisa memberi manfaat berupa membuat kulit wajah ibu hamil menjadi halus dan kembali cerah seperti saat-saat belum hamil.

15. Baik untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil dan Janin

Buah semangka rupanya juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan buah ini kaya dengan kandungan vitamin A.

Baca Juga: Manfaat Pola Hidup Sehat, Bantu Jaga Berat Badan Tetap Ideal