Home Kesehatan Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip!

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip!

Manfaat daun pepaya Jepang – Daun pepaya Jepang nyatanya memiliki begitu banyak manfaat, sayangnya hal ini belum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Daun pepaya Jepang mempunyai cita rasa lebih menyegarkan, nikmat, dapat menjadi lalapan, dan tidak ada rasa pahit  sama sekali.

Jika daun pepaya biasa yang harus diolah bersama bahan khusus untuk mengurangi pahitnya, maka berbeda dengan daun pepaya Jepang ini. Daun pepaya Jepang, mempunyai nama ilmiah Cnidoscolus aconitifolius merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, lebih tepatnya Semenanjung Yukatan di Meksiko.

Sebutan pepaya sebab mempunyai daun bersama tekstur dan bentuknya yang menyerupai daun pepaya. Nyatanya daun pepaya Jepang ini mempunyai berbagai macam khasiat kesehatan di dalamnya.

Penasaran apa saja khasiatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel yang afuza.co.id rangkum mengenai berbagai manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan berikut ini!

Berbagai Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh dan Mencegah dari Berbagai Macam Jenis Penyakit

1. Mencegah Kanker

Daun pepaya Jepang mempunyai kandungan vitamin A yang diproses oleh tubuh untuk menjadi beta-karoten, berperan untuk mencegah penyakit kanker. Daun pepaya Jepang merupakan salah satu bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri sebab banyak mempunyai kandungan saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, steroid dan fenol.

Beberapa senyawa tersebut baik dalam mencegah kanker, aktivitas antioksidan, dan berbagai macam hasil positif lainnya. Kemudian juga tinggi kandungan vitamin C, pada 100 gram daun papaya, terkandung sekitar 200 milligram vitamin C.

2. Mengatasi Jerawat

Daun pepaya untuk kesehatan lainnya yaitu bermanfaat dalam mencegah serta mengatasi jerawat. Kulit akan terhindar dari jerawat, serta kesehatan kulit akan terjaga dikarenakan adanya kandungan vitamin A dan C pada daun pepaya Jepang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan berikutnya masih mirip berasal dari kadar vitamin A di dalamnya. Dari 100 gram daun pepaya Jepang, ada sekitar 1.357 IU vitamin A yang baik untuk memenuhi keperluan harian tubuh.

Konsumsi vitamin A secara teratur akan membantu dalam memelihara kesehatan mata, serta mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula pada masa lansia.

4. Mengatasi Radang

Mekanisme alami tubuh dalam memelihara dari infeksi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan virus biasa disebut dengan peradangan atau inflamasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan ekstrak etanol daun tanaman Pepaya dalam 3 kelompok dosis yang berbeda.

Pada efek antiinflamasi, adanya penurunan volume edema 400 mg/KgBB pada telapak kaki tikus terbaik pada dosis tertinggi. Daun pepaya Jepang bersifat antiinflamasi yang dapat bermanfaat untuk mengurangi terbentuknya edema akibat radang.

manfaat daun pepaya jepang

Sumber: doktersehat.com

5. Mengatasi Hipertensi

Daun pepaya Jepang mempunyai kandungan vitamin C yang efektif untuk menurunkan tingkat tekanan darah atau hipertensi. Mengenai hal ini masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut, seberapa efektifnya dalam mengatasinya.

6. Memperkuat Imunitas

Kandungan tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, fenol dan steroid, juga turut andil dalam memelihara sistem kekebalan tubuh, dikarenakan aktif sebagai antioksidan.

Adanya vitamin C yang tinggi dalam daun pepaya Jepang akan memperkuat imunitas, melalui cara meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah dan merangsang produksi sel-sel darah putih.

7. Menguatkan Otot dan Tulang

Mengkonsumsi kalsium dan protein memang diperlukan seiring dengan bertambahnya usia. Kecukupan protein akan membantu memelihara massa dan kemampuan otot. Daun pepaya Jepang mempunyai protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi otot.

Dari 100 gram terkandung sekitar 7 gram protein dan sekitar 300 milligram kalsium. Selanjutnya kadar kalsium dari daun pepaya Jepang juga melebihi kadar daripada sayuran lain. Kalsium sebagai nutrisi penting untuk membangun tulang yang kuat. Baik pula memelihara manfaat otot-otot dan saraf tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Manfaat daun pepaya Jepang baik dikonsumsi oleh pria dan wanita, sebab baik dalam memelihara kesehatan system reproduksi. Hal ini dikarenakan kadar vitamin A yang dipercaya membantu memproduksi sel sperma, serta berperan penting membantu pertumbuhan janin.

9. Daun Pepaya Jepang dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat alami di dalamnya merupakan manfaat daun pepaya Jepang selanjutnya. Serat alami ini akan membantu melembutkan feses dan menaikkan beratnya. Buang air besar dengan lancar akan mencegah terjadinya sembelit dan terhindar dari ambeien.

10. Daun Pepaya Jepang dapat Mencegah Anemia

Daun pepaya Jepang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia yang sangat baik untuk semua kalangan. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan daun bayam sebagai pemilik zat besi tinggi bukan? Oleh sebab itu, bayam sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhannya.

Namun ternyata daun pepaya Jepang mempunyai kadar zat besi dua kali lebih banyak, supaya Anda dapat mendapatkan tambah darah dan mencegah anemia lebih optimal, serta lebih alami.

Efek Samping Konsumsi Daun Pepaya Jepang Berlebihan

Kita harus tetap menjaga kadar dalam konsumsi daun pepaya Jepang yang sesuai dengan kebutuhan, walaupun manfaatnya untuk kesehatan begitu beragam. Jika ingin menjadikan sebagai lalapan, 5 lembar daun sudah cukup aman dan baik untuk dikonsumsi.

Sebenarnya daun pepaya Jepang lebih aman seandainya dimasak terlebih dahulu sepanjang 5 sampai 15 menit, untuk mengeluarkan asam sianida yang beracun bagi tubuh manusia.

Sianogen glikosida atau cyanogen glycoside sebagai senyawa berbahaya dapat membiarkan racun hidrogen sianida atau dikenal bersama HCN.

Pada akhirnya oksigen pada organ tubuh akan terganggu apabila tubuh terpapar HCN. Hal tersebut dilansir dari deherba.com, bahwa Lembaga The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH).

Keracunan yang ditandai dengan adanya gejala mual, muntah, kepala pusing, napas menjadi cepat, sesak napas, gelisah, dan cemas.

Itulah berbagai macam manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan beserta bahayanya mengkonsumsi berlebihan. Konsumsi daun pepaya Jepang dengan sesuai manfaatnya bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit