Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya…

0
58
manfaat hutan bagi manusia
Advertisement

Manfaat Hutan Bagi Manusia – Hutan menutupi sepertiga dari seluruh tanah di bumi. Seluruh benua, selain Antartika, memiliki hutan dengan karakter ekosistem masing-masing. Manfaat hutan bagi kehidupan manusia dan lingkungan tidak bisa dipisahkan dari luasnya hutan yang tersebar di muka bumi ini.

Berjenis-jenis ragam hutan itu meyediakan kekuatan dukung organik penting bagi beragam kehidupan di planet bumi. Fungsi hutan tidak hanya memberi kekuatan dukung kehidupan bagi jutaan spesies tumbuhan dan tanaman. Melainkan, juga mendorong kehidupan sekitar 5 miliar kehidupan manusia.

Advertisement

Fungsi dan peranan hutan sangat vital bagi kehidupan manusia dan keberlangsungan planet bumi. Dikarenakan fungsi hutan yang penting bagi manusia itulah, sehingga menyebabkan Perserikatan Bangsa Bangsa menetapkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional.

Penetapan ini dicetuskan pertama kali pada akhir 2012. Penetapan Hari Hutan Internasional ini adalah bagian dari upaya global untuk mengkampanyekan kondisi dan arti penting hutan di seluruh dunia. Pada tanggal 21 Maret 2013 dilakukan perayaan pertama kali Hari Hutan Internasional.

Lalu apa saja manfaat hutan bagi manusia? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat hutan bagi manusia yang sudah afuza.co.id rangkumkan dari berbagai sumber berikut ini!

manfaat hutan bagi manusia

Sumber: https://didikpos.com

Beberapa Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya yang Sangat Penting…

1. Menyediakan Oksigen bagi Makhluk Hidup

Manfaat hutan yang pertama adalah menyediakan oksigen untuk kita bernapas. Hutan menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk hidup dan menyerap karbon dioksida yang kita hembuskan (atau keluarkan).

Pasokan oksigen sehari untuk dua hingga 10 orang diperkirakan dihasilkan oleh sebatang pohon dewasa dan berdaun. Selain itu, fitoplankton di lautan juga lebih produktif, menyediakan separuh dari oksigen bumi, namun meskipun begitu hutan masih menjadi sumber utama kualitas udara.

2. Menjaga Bumi Tetap Dingin

Pohon juga mempunyai cara lain untuk mengalahkan panas yaitu menyerap karbondioksida yang memicu pemanasan global. Tumbuhan memang selalu memerlukan sejumlah karbondioksida untuk fotosintesis.

Namun, dengan emisi ekstra, udara di bumi kini begitu pekat sehingga hutan melawan pemanasan global hanya dengan bernapas. Karbondioksida disimpan dalam kayu, daun dan tanah selama berabad-abad.

Baca Juga: Tanaman Toga dan Manfaat Beserta Efek Sampingnya!

manfaat hutan bagi manusiaSumber: https://www.indozone.id

3. Mendorong Curah Hujan

Hutan yang luas bisa memberi pengaruh pola cuaca regional. Bahkan hutan bisa menciptakan iklim mikro sendiri. Hutan hujan Amazon, misalnya, menciptakan kondisi atmosfer yang tidak hanya mendorong curah hujan reguler di sana dan di sekitar lahan pertanian, namun juga berpotensi hingga ke Great Plains di Amerika Utara.

4. Melawan Bencana Banjir

Akar pohon adalah penopang utama untuk mengimbangi hujan lebat. Terlebih untuk daerah dataran rendah seperti dataran sungai.

Akar pohon akan membantu tanah menyerap lebih banyak banjir bandang, sehingga akan mengurangi kehilangan tanah dan kerusakan properti dengan memperlambat aliran.

Baca Juga: Apa Manfaat Membaca Buku untuk Otak dan Kehidupan Kita?

5. Sebagai Penahan Angin

Banyak sekali manfaat hutan bagi petani, misalnya pada ekosistem sawah seperti kelelawar dan burung penyanyi pemakan serangga atau burung hantu dan rubah pemakan tikus.

Namun, sekelompok pohon juga bisa berfungsi sebagai penahan angin, menyediakan penyangga untuk tanaman yang sensitif terhadap angin. Selain melindungi tanaman sensitif angin tersebut, sedikit angin juga memudahkan lebah untuk melakukan penyerbukan.

Sumber: http://dejournal.id

6. Membersihkan Polutan Tertentu

Selain menahan tanah pada tempatnya, hutan juga bisa menggunakan fitoremediasi untuk membersihkan polutan tertentu. Pohon bisa mengeluarkan racun atau menurunkannya menjadi kurang berbahaya.

Kemampuan pohon ini sangat berguna, karena akan menyebabkan pohon menyerap luapan limbah, tumpahan di pinggir jalan, atau limpasan yang terkontaminasi.

7. Membersihkan Udara Kotor

Di rumah, sebagian orang menggunakan tanaman hias untuk membersihkan udara, namun jangan lupakan hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dalam skala yang jauh lebih besar, dan bukan hanya karbondioksida.

Pohon menyerap beragam polutan di udara, termasuk karbon monoksida, belerang dioksida, dan nitrogen dioksida. Di AS saja, pohon-pohon perkotaan diperkirakan menyelamatkan 850 nyawa per tahun dan total biaya perawatan kesehatan sebesar USD6,8 miliar hanya dengan menghilangkan polutan dari udara.

Baca Juga: Manfaat Pola Hidup Sehat, Bantu Jaga Berat Badan Tetap Ideal

8. Menyediakan Makanan bagi Makhluk Hidup

Manfaat hutan berikutnya adalah menyediakan makanan bagi makhluk hidup. Pohon akan banyak menghasilkan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan getah.

Selain itu, juga menyediakan makanan lain di tanah hutan, seperti jamur ataupun sumber makanan lain yang bisa dimakan kumbang hingga binatang buruan yang lebih besar seperti rusa, kalkun, kelinci, dan ikan.

Sumber: https://physicsworld.com

9. Menyembuhkan Makhluk Hidup

Hutan semakin menginspirasi spin-off sintetis dalam memberi kita banyak pengobatan alami. Senyawa di jarum cedar merah timur melawan bakteri yang resistan terhadap obat, sementara teofilin obat asma berasal dari pohon kakao.

Sekitar 70% dari tanaman yang diketahui memiliki sifat melawan kanker hanya terdapat di hutan hujan, namun kurang dari 1% tanaman hutan hujan tropis yang sudah diuji untuk efek pengobatan.

Bahkan, hanya berjalan di hutan bisa menawarkan manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan stres, mengurangi tekanan darah dan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Selain itu, pohon juga melepaskan senyawa udara yang disebut phytoncides, yang mendorong tubuh kita untuk meningkatkan sel-sel pembunuh natural (NK) yang menyerang infeksi dan melindungi dari tumor.

10. Penyedia Sumber Kehidupan bagi Manusia

Manfaat hutan berikutnya sangat berdampak pada kehidupan manusia. Manusia sudah lama menggunakan pohon sebagai kertas dan furnitur hingga rumah dan pakaian. Jika pengaplikasiannya berlebihan, akan menyebabkan penggundulan hutan.

Namun, berkat pertumbuhan pertanian pohon dan kehutanan yang berkelanjutan, semakin mudah untuk menemukan produk pohon yang sumbernya bertanggung jawab.

11. Sebagai Penyedia Lapangan Kerja

Lebih dari 1,6 miliar orang bergantung pada hutan hingga batas tertentu untuk mata pencaharian mereka. Berdasarkan PBB, dan 10 juta dipekerjakan secara langsung dalam pengelolaan atau konservasi hutan.

Hutan menyumbang sekitar 1% dari produk dalam negeri bruto global lewat produksi kayu dan produk non-kayu, yang terakhir ini saja mendorong hingga 80% populasi di banyak negara berkembang.

Baca Juga: Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here