Home Kesehatan Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh. Yuk! Intip Infonya..

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh. Yuk! Intip Infonya..

Manfaat jahe merah untuk kesehatan – Jahe merah adalah salah satu tumbuhan herbal yang mempunyai berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jahe merah juga dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit, lho.

Berikut ini afuza.co.id rangkumkan berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan yang wajib Anda tahu. Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

Berbagai Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Meski sama-sama tergolong tanaman jahe, ternyata jahe merah mempunyai khasiat yang lebih manjur dibanding jahe putih untuk menangani berbagai macam penyakit. Berikut kegunaan jahe merah untuk kesehatan, antara lain:

1. Manfaat Jahe Merah untuk Menangani Masalah Pencernaan

Manfaat jahe merah yang manjur adalah melindungi kesehatan lambung dan pencernaan. Pada jahe merah terkandung enzim pencernaan yang masing-masing mencerna protein dan lemak, yakni enzim lipase dan protease, .

Selain itu, jahe merah ternyata juga dipercaya dapat melindungi jumlah asam lambung supaya tetap stabil. Rasa mual dan juga keinginan untuk muntah dapat dikurangi dengan jahe merah, dikarenakan kadar asam dalam lambung yang stabil.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol

Jahe merah juga dapat mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi dan menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh.

Selain berguna bagi para penderita penyakit tersebut, jahe merah termasuk berguna bagi orang sehat supaya terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jahe merah ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, lho. Selain itu, jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri beresiko dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan jahe merah ini.

4. Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Ekstrak jahe merah ini ternyata dapat membantu mengurangi tanda-tanda nyeri otot dan sendi. Selain itu, dibandingkan dengan obat anti-inflamasi non steroid, ternyata jauh lebih efektif untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Mengobati Asam Urat

Jahe merah ini dapat membantu membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi peradangan pada sendi. Dengan begitu, asam urat yang tinggi dapat berangsur-angsur sembuh dan normal kembali.

6. Mencegah Kanker

Kandungan gingerol pada jahe merah dipercaya dapat membantu mencegah dari kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Selain itu, jahe merah dipercaya juga mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Pertumbuhan kanker rahim dapat dicegah dengan cara rutin mengonsumsi air jahe merah.

7. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Kandungan flavonoid yang ada pada jahe merah mempunyai sifat anti-peradangan. Jahe merah dapat meredakan gejala batuk. Selain itu, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, khususnya radang tenggorokan.

manfaat jahe merah untuk kesehatan

Sumber: tribunnews.com

Berbagai Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Kulit yang Wajib Anda Ketahui

Tidak cuma mempunyai banyak kegunaan baik untuk kesehatan tubuh, ternyata jahe merah mempunyai segudang khasiat baik untuk kesehatan kulit, yaitu:

1. Mengatasi Jerawat

Jahe merah mengandung zat antiseptik dan antioksidan yang dapat melawan bakteri dan mencegah dampak buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Anda dapat membuat ramuan masker jahe merah ini sendiri di rumah.

Caranya: Haluskan satu ruas jahe ukuran sedang, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu, selanjutnya dinginkan di dalam kulkas. Jika sudah dingin, Anda dapat mengolesnya pada wajah.

2. Mengontrol Minyak di Wajah

Ternyata jahe merah dipercaya dapat menangani kulit berminyak penyebab timbulnya jerawat. Ada ramuan yang dapat Anda buat sendiri di rumah untuk dioleskan ke wajah.

Caranya: Campurkan 4 sendok makan air jahe merah, satu sendok makan bubuk kayu manis, satu sendok makan bubuk pala, selanjutnya aduk merata. Setelah tercampur semua, oleskan pada area wajah. Kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang ada di dalam jahe merah dapat melindungi kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Selain itu, jahe merah juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya kolagen kulit.

4. Menghilangkan Kantung Mata

Pastinya persoalan yang satu ini banyak dihadapi oleh para wanita. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, ternyata jahe merah dapat menyingkirkan kantung mata yang menggangu.

Caranya: Haluskan jahe merah, selanjutnya peraslah jahe yang sudah halus menjadi cairan. Setelah itu tuangkan ke dalam cetakan es dan masukkan ke dalam kulkas. Setelah menjadi es padat, gunakanlah sebagai kompres mata secara rutin untuk hasil maksimal.

Itulah manfaat jahe merah untuk kesehatan untuk tubuh. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit