Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan, Ternyata Begini Penjelasanya..!!

0
71
Advertisement

Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan-Banyak masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman obat yang paling populer, Jahe. Tanaman ini semacam tanaman rimpang atau Rhizoma ini memang seringkali digunakan sebagai campuran minuman atau rempah-rempah masakan oleh masyarakat Indonesia. Karena jahe, membuat tubuh akan menjadi lebih hangat dan lebih kuat.

Tetapi, tahukah anda jika tanaman jahe juga memiliki berbagai macam yang berbeda? Salah satunya khasiat yang lebih ampuh untuk menstabilkan tubuh kita. Beberapa varian jahe yang tidak banyak orang tahu mengenai manfaat pada saat dikonsumsi yaitu Jahe merah.

Advertisement

Jahe merah ini memiliki permukaan kulit berwarna merah dan tentunya tidak sulit untuk dibedakan dengan jahe berbagai lainnya.

Jahe ini, berwarna sedikit kemerahan dan kuning. Selain itu, ukuran dari jahe merah juga cenderung lebih kecil pada saat dicicipi terasa lebih pedas dibandingkan jahe pada biasanya.

Jahe merah sangat berbeda dengan jahe biasa, jahe ini cenderung lebih kuat. Khasiat yang dimiliki jahe merah ini terbilang lebih manjur untuk meredakan berbagai penyakit. Penasaran apa saja? Yuk simak berbagai manfaat jahe merah yang bisa meredakan penyakit berikut ini.

10 Manfaat Jahe Merah yang Belum Banyak Orang Ketahui…

1.Manfaat Jahe, Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan

Memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah tak jarang dijadikan opsi ketika mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk.

Flavonoid yang terdapat pada jahe merah mempunyai sifat anti peradangan. Karena itu, tidak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga lebih efektif untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

2.Kapabel Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Jika budaya mengkonsumsi makanan sembarangan membuat tubuh menaruh banyak tumpukan lemak jahat. Apabila diizinkan dalam waktu yang lama, bukanya tidak mungkin lemak jahat akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh semakin naik.

Untuk mengatasi situasi ini, penderita kolesterol direkomendasikan secara rutin mengkonsumsi tanaman rimpang.

Jahe merah bermanfaat membakar lemak jahat pada tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tidak hanya berkhasiat bagi penderita penyakit kolestrol, orang sehat juga bisa mengkonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

3.Konsumsi Jahe Merah untuk Meringankan Sakit Kepala

Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan

Anda tak jarang merasakan sakit kepala yang mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari? Tidak perlu bingung mencari obat yang tidak memiliki efek samping.

Pasalnya, jahe merah bisa menjadi solusi natural untuk mengatasi situasi sulit yang seringkali dianggap remeh melainkan sangat mengganggu hal yang demikian.

Kandungan kamfena pada jahe memiliki rasa yang pedas serta dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe merah cenderung untuk mengatasi pada saat sakit kepala menyerang.

Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan merebus jahe merah dan meminum air rebusan ini. Tak membutuhkan waktu lama, sakit kepala akan hilang dan aktivitas juga bisa dilakukan dengan semestinya.

4.Memiliki Zat Flavonoid, Jahe Merah Kapabel Menuntaskan Rematik

Selain berguna untuk meredakan tenggorokan dan batuk, kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah juga bisa mengatasi penyakit rematik.

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit rematik dikarenakan peradangan yang terjadi pada persendian. Bahkan, apabila diizinkan terlalu lama, penderita penyakit ini akan merasakan kaku pada sendi karena terjadi pembengkakan.

Sebagai salah satu upayanya, penderita rematik bisa rutin mengonsumsinya karena bisa meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik. Jadi, jahe merah bisa menjadi obat opsi dan natural untuk mengobati rematik.

5.Cocok Dikonsumsi Secara Rutin Saat Diet

Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan

Ingin menurunkan berat badan dengan mudah dan efektif, tetapi sulit untuk menahan nafsu makan? Tidak perlu khawatir, karena jahe merah bisa membantu anda untuk menjaga berat badan supaya selalu terlihat ideal. Ingin tahu caranya?

Jahe merah, bisa menjadi pelengkap untuk anda yang ingin menurunkan berat badan karena bisa mengatur nafsu makan.

Jika anda mengkonsumsi jahe ini, anda akan merasa kekenyangan, perut akan bertahan lebih lama sehingga nafsu makan berkurang.

Tidak hanya sampai disitu saja, rasa hangat dan pedas yang disebabkan oleh jahe merah berguna membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Untuk anda yang ingin memiliki berat tubuh yang ideal, cobalah untuk rutin mengkonsumsi rempah satu ini.

6.Manfaat Jahe Merah Utk Kesehatan, Mencegah dari Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung yaitu penyakit paling mematikan di dunia, mengapa begitu ? Karena banyak data di lapangan yang mengatakan bahwa jumlah kematian pengaruh penyakit jantung merupakan yang tertinggi di dunia.

Salah satu penyebab munculnya penyakit jantung merupakan kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Dengan menjadikannya sebagai konsumsi rutin sehari-hari, kadar kolesterol dan trigliserida bisa diwariskan.

Sebaiknya, untuk anda supaya terhindar dari penyakit jantung anda bisa mencampurkan jahe merah pada minuman atau masakan setiap hari.

7.Bagus Bagi Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Manfaat jahe merah yang selanjutnya, yaitu untuk menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.

Jika anda memiliki permasalahan saluran pencernaan tidak perlu khawatir karena dengan rutin mengkonsumsi jahe merah maka rasa sakit akan berkurang. Hingga, infeksi dan juga luka yang ada pada lambung bisa disembuhkan dengan jahe merah.

Jahe merah dipercaya bisa menjaga jumlah asam dalam lambung supaya tetap stabil. Bisa meredakan asam lambung yang naik, sehingga perut terasa mual dan ingin muntah.

8.Mengurangi Resiko Terkena Radang Usus

Saluran pencernaan seperti pada usus, ternyata rebusan jahe merah juga bisa membantu resiko terkena radang usus menjadi lebih berkurang.

Kandungan zat zingeron pada jahe bermanfaat menghambat enzim yang menyebabkan munculnya peradangan pada saluran pencernaan. Sebaiknya, biasakan untuk memakai jahe merah sebagai dikonsumsi setiap hari agar kesehatan usus terjaga.

Sangat mudah, saat penyakit asma si penderita kambuh, jahe merah bisa segera direbus sampai mendidih. Kemudian, air rebusan hal yang demikian diizinkan sampai hangat dan diberikan kepada penderita sesak napas. Sesudah minum, anda tidak membutuhkan waktu yang lama agar penyakit sesak nafas segera reda.

Itulah manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita, semoga memberi manfaat..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here