Manfaat Jus Wortel dan Tomat Ternyata Dapat Cegah Kanker!

0
95
manfaat jus wortel dan tomat
Sumber : https://ds393qgzrxwzn.cloudfront.net/
Advertisement

Manfaat jus wortel dan tomat- Tomat dan wortel dikenal sebagai salah satu buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sebenarnya, jus satu ini tidak hanya baik dikonsumsi untuk kesehatan mata saja. Ada sederet manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari ragam umbi-umbian yang satu ini.

Daripada penasaran tentang apa saja manfaat jus wortel dan tomat bagi kesehatan, Yuk simak informasi satu ini hingga tuntas!

Advertisement

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan, Atasi Diabet Hingga Jerawat

 

1. Menurunkan risiko kanker

Tomat dan wortel mengandung senyawa bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan tersebut memiliki peran sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dipercaya dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Khasiat dari minuman satu ini juga terbukti mampu mencegah beraneka variasi penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, kanker prostat, hingga kanker kulit.

Antioksidan dalam buah tomat bersifat antikarsinogenik, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi sumber utama  penyebab kanker.

Sumber : https://i2.wp.com/blog.duniamasak.com/

2. Mendukung kehamilan agar lebih sehat

Minum jus wortel selama masa kehamilan sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Menurut sebuah penelitian, wanita yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium per harinya.

Jus wortel sendiri mengandung kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A yang  baik dan dapat memperkuat tulang bayi dalam kandungan serta dapat mencegah cacat saat lahir.

Selain itu, adanya vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga berperan sebagai antioksidan pada saat kehamilan. Antioksidan berfungsi untuk melindungi ibu dan janin dari paparan radikal bebas dan meningkatkan metode kekebalan tubuh, sehingga mampu menurunkan risiko infeksi.

 

3. Manfaat jus wortel dan tomat tingkatkan fungsi otak

Dalam jus wortel dan tomat terkandung Beta-karoten yang berguna untuk memperkuat fungsi otak dan dapat meningkatkan daya ingat.

Stres oksidatif yang diakibatkan oleh polusi udara dan faktor lainnya bisa menyumbang kerusakan sel otak dan sel sel saraf di kepala.

Kondisi ini dapat melemahkan sistem saraf dan mengurangi fungsi kognitif dari otak. Tak cuma itu, zat ini juga berkhasiat untuk membantu mengurangi risiko demensia seiring dengan bertambahnya usia.

Oleh sebab itu, minum satu gelas jus wortel setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kerusakan pada sel saraf otak akibat stres oksidatif.

Baca Juga : Manfaat Makan Bawang Putih, Ternyata Banyak Khasiatnya!

 

4. Memperkuat imunitas tubuh

manfaat jus wortel dan tomat
Sumber : https://cdn-cas.orami.co.id/

Wortel dan tomat mengandung antioksidan yang tinggi dan berguna sebagai zat penangkal radikal bebas, kerusakan sel, serta peradangan.

Vitamin C dalam segelas jus wortel dan tomat bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar mamapu menangkal serangan penyakit seperti flu dan penyakit imun lainnya.

 

5. Manfaat jus wortel dan tomat, bantu tingkatkan metabolisme

Jus wortel berpotensi untuk tingkatkan sekresi empedu yang kemudian mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme pada tubuh juga berefek pada proses penurunan berat badan. Dengan kata lain, jus tomat dan wortel dapat membantu dalam proses diet.

Di samping itu, jus wortel juga termasuk minuman rendah kalori yang mengenyangkan dan menyegarkan. Sehingga, bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang ada dalam program diet.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan dan Organ Dalam Tubuh

 

6. Menyehatkan kulit

Bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit kulit seperti ruam atau psoriasis, maka konsumsilah jus wortel sebagi cara alternatif yang tepat untuk singkirkan masalahmu.

Selain  mengandung vitamin C yang mampu untuk mengatasi masalah sriawan, vitamin C pada tomat mampu meperbaiki tampilan kulit, seperti mencerahkannya.

Beta-karoten pada wortel juga bermanfaat dalam proses mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat  penyembuhan.

Kandungan beta-karoten jugadipercaya dapat mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV dari matahari. Karoten dan likopen yang ada dalam wortel juga berkhasiat dalm menjaga dan merawat kesehatan kulit Anda.

manfaat jus wortel dan tomat
Sumber : https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

7. Menurunkan kolesterol

Wortel dan tomat merupakan sumber kalium yang baik bagi tubuh. Selain berguna dalam proses diet rendah kolesterol, makanan ini juga tinggi akan potasium.

Oleh sebab itu, mulai sekarang lebih rutinlah untuk mengkonsumsi jus wortel dan tomat, karna dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah juga dapat mengurangi risiko agar tidak mudah terserang penyakit jantung dan stroke.

 

8. Manfaat jus wortel dan tomat, dapat turunkan berat badan

Manfaat jus tomat satu ini, sudah tak asing di telinga masyarakat. Selain menyehatkan dan dapat menangkal sel kanker jus tomat juga dapat membantu seseorang dalam proses menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan karena  di dalam buah tomat terkandung serat tinggi yang akan memperlancar proses buang air besar dan membantu dalam menjaga kinerja usus dalam mencerna makanan. Kandungan dalam jus tomat juga dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan klorin dan sulfur dalam jus tomat juga dapat meningkatkan fungsi organ hati, ginjal dan berguna sebagai detoks racun. Jadi masih meragukan buah dan sayur satu ini?

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh. Check It!

 

9. Menjaga kesehatan jantung

Sumber : https://img-global.cpcdn.com/

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Kesehatan jantung tentu menjadi prioritas bagi semua orang. Oleh sebab itu, Anda perlu mengkonsumsi jus tomat dan wortel secara rutin demi menjaga kesehatan jantung Anda.

Buah tomat mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan serta sistem kerja jantung. Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan seperti likopen yang tinggi.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa mengkonsumsi jus tomat lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung daripada meminum suplemen yang mengandung likopen buatan.

Baca Juga : Manfaat Teh Jati Cina, Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah..

 

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jus wortel dan tomat berikutnya yakni membantu dalam meningkatkan kesehatan mata. Para dokter spesialis mata juga cenderung akan merekomendasikan pasiennya untuk mengkonsumsi jus satu ini, karena memang minuman  ini kaya akan vitamin A.

Kandungan dalam jus tomat dipercaya mampu membuat penglihatan jauh lebih sehat dan dalam kondisi baik. Jus tomat juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki gangguan mata minus.

manfaat jus wortel dan tomat
Sumber : https://i0.wp.com/jybmedia.com/

 

11. Manfaat jus wortel dan tomat, atasi rambut rontok

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami permasalahan pada rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering, hingga bercabang. Namun tak perlu kuatir, karena sebenarnya Anda dapat memecahkan masalah ini dengan rutin menggunakan jus tomat.

Jus tomat yang kaya akan vitamin dan mineral terbukti dapat membasmi ketombe, menguatkan akar rambut, dan membuat rambut agar tetap lembut dan berkilau.

Caranya, Anda dapat mulai membat tomat sebagai masker rambut, kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air seperti saat keramas. Lakukan metode ini paling tidak seminggu tiga kali agar masalah yang ada pada rambut Anda lebih cepat teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here