web hit counter
Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit yang Tak Boleh Diabaikan. Check It!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit yang Tak Boleh Diabaikan. Check It!

Manfaat lidah buaya untuk kulit – Banyak produk perawatan tubuh yang menggunakan ekstrak aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan segudang manfaat untuk kulit terdapat pada tanaman tropis ini. Menariknya, khasiat lidah buaya untuk kulit dapat diperoleh baik itu dari luar maupun dari dalam dengan cara dikonsumsi.

Lidah buaya dapat membuat kulit Anda terjaga kelembapannya dan terhidrasi dengan baik. Lalu, apa saja yang bisa Anda dapatkan dari manfaat lidah buaya untuk kulit? Temukan jawaban selengkapnya di artikel ini.

Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit yang Rugi Seandainya Dilewatkan Begitu Saja

Secara umum, fakta bahwa aloe vera baik untuk kulit sudah sangat umum diketahui. Namun, tak banyak yang benar-benar paham dengan berbagai manfaat apa saja yang memang ditawarkan tumbuhan tropis satu ini. Apabila rutin menggunakan lidah buaya, berikut ini segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah Tanda Penuaan

Kerutan dan garis-garis halus dapat mudah sekali muncul seiring pertambahan usia. Kondisi kulit yang kehilangan kelembaban serta elastisitasnya adalah penyebabnya.

Tetapi, Anda dapat mencegah penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Lidah buaya juga dipercaya dapat mencegah gejala penuaan dengan melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati.

2. Manfaat Lidah Buaya sebagai Penyembuh Luka

Sangat populer digunakan sebagai obat alami, lidah buaya dapat membantu pengobatan luka, seperti luka bakar dan goresan. Lidah buaya memiliki sifat Sifatantimikroba menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka.

Jadi, tidak heran jika lidah buaya juga populer bermanfaat untuk membantu dalam menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

3. Efektif Melembapkan Kulit

Karena memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah air yang besar agar tidak kering, maka daun lidah buaya yang cenderung tumbuh di iklim tropis. Itu sebabnya, lidah buaya dapat tetap tumbuh subur terlebih di lingkungan yang memiliki iklim panas intens sekalipun.

Karena kemampuannya ini, gel yang terkandung dalam daun aloe vera sering digunakan sebagai dasar produk farmasi, dikarenakan dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

manfaat lidah buaya untuk kulit

Sumber: klubwanita.com

4. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Banyak yang tidak sadar jika kulit adalah organ yang berperan sangat penting dalam menandakan tidak ada racun, kontaminan asing, bahan kimia, kuman, yang masuk ke dalam tubuh.

Hanya dikarenakan tidak ada luka menganga, bukan berarti kulit Anda tidak membutuhkan perlindungan. Anda perlu tetap merawat keadaan kulit agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, juga agar tidak tegang dan terhidrasi dengan baik.

Sebab, iritasi dapat mudah terkena pada kulit kering dan dapat mengakibatkan ruam atau luka sobek. Anda bisa menegaskan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat, seandainya Anda menggunakan produk berbahan lidah buaya.

5. Mengurangi Stretch Mark

Misalnya selama kehamilan atau dikarenakan kenaikan berat badan yang cepat, maka kulit terasa mengendur atau merenggang, elastisitasnya menjadi berkurang.

Hal ini menyebabkan stretch mark, yaitu kerutan atau gejala peregangan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.

6. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Rusaknya oksidatif adalah salah satu penyebab peradangan, yang disebabkan karena radikal bebas dalam tubuh mengakibatkan kerusakan sel-sel di dalamnya.

Lidah buaya juga mengandung antioksidan yang berguna mengikat radikal bebas dan membantu menangani peradangan tersebut. Untuk melakukannya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di daerah kulit yang bermasalah maupun mengonsumsi jus aloe vera.

7. Manfaat Lidah Buaya untuk Mengurangi Ketombe

Tak hanya berfungsi merawat kulit tubuh, aloe vera juga dapat merawat kulit kepala. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk menangani kulit kepala yang gatal dan masalah ketombe.

Penyebab ketombe bisa dari berbagai macam hal, misalnya akumulasi sel-sel mati, kulit kepala berminyak, atau infeksi di kepala. Dalam hal ini, sel-sel mati pada kulit kepala dapat disingkirkan dengan aloe vera. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam aloe vera dapat melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

8. Lidah Buaya sebagai Media Detoksifikasi Alami

Ada begitu banyak zat beresiko dan racun yang tidak disadari ada pada tubuh manusia. Akibat kontaminasi dengan lingkungan sekitar, zat racun tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Paparan udara kotor misalnya, membuat banyak debu, kotoran, sebum, dan partikel polusi melekat di kulit.

Jika tidak dibersihkan, kotoran yang mengakibatkan banyak kuman tersebut dapat membuat berbagai macam penyakit. Sebagai tempat detoksifikasi alami, pemakaian aloe vera berfungsi untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

Tidak ada salahnya Anda menerapkan pemakaian lidah buaya dalam kehidupan sehari-hari, karena berbagai macam manfaatnya itu. Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk kulit yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Kiky Wulandari

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.