Home Kecantikan Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut agar Sehat & Berkilau. Check It!

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut agar Sehat & Berkilau. Check It!

Manfaat lidah buaya untuk rambut – Produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya akhir-akhir ini sangat digemari. Tak cuma bagus untuk kecantikan kulit, adapun segudang kegunaan lidah buaya untuk rambut yang barangkali belum Anda sadari. Apa sajakah itu?

Lidah buaya mempunyai berbagai kegunaan untuk kecantikan. Kegunaan ini karena aloe vera yang mempunyai kandungan banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, dan juga mineral tembaga dan zinc.

Tidak heran jika banyak kegunaan lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari menangani rasa gatal, menguatkan helai rambut, hingga membuat rambut semakin berkilau. Mari simak penjelasan selengkapnya perihal manfaat lidah buaya untuk rambut:

manfaat lidah buaya untuk rambut

Sumber: www.cekpremi.com

Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut yang Wajib Anda Ketahui

1. Mengurangi Gatal di Tempat Kulit Kepala

Salah satu kegunaan lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan adalah mengurangi gatal pada kulit kepala. Kondisi ini bisa dikarenakan dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe.

Dermatitis seboroik adalah suatu keadaan yang terjadi dikarenakan kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncullah ketombe. Peradangan tersebut dapat dikurangi dengan pemakaian lidah buaya.

Pasalnya, tanaman ini mempunyai kandungan asam lemak yang punya sifat antiradang, supaya dapat membuat kondisi kulit kepala menjadi lebih baik.

2. Memperbaiki Rambut Rusak

Rambut rusak biasanya ditandai dengan keadaan rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan cahaya matahari, pemakaian produk perawatan rambut yang tidak tepat, hingga terlalu sering menata rambut.

Anda dapat memelihara rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi pada lidah buaya dipercayai dapat melakukan perbaikan rusaknya rambut. Inilah yang menjadi kegunaan lidah buaya untuk rambut berikutnya.

3. Mengatasi Rambut Berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut berikutnya adalah menangani rambut berminyak. Kondisi ini dapat terlihat dari produksi minyak berlebih di kulit kepala dan juga adanya sisa-sisa produk perawatan rambut yang Anda gunakan.

Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, maka produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan. Rambut pun menjadi lebih sehat dan lembut.

4. Memperkuat Helaian Rambut

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Inilah kegunaan lidah buaya untuk rambut lainnya. Selain dapat membuat rambut nampak berkilau, helai-helainya pun tidak akan mudah patah.

5. Mengurangi Kerontokan Rambut

Bermasalah dengan rambut rontok? Anda dapat mengatasinya dengan mengandalkan khasiat lidah buaya untuk rambut. Khasiat tersebut ada karena lidah buaya mempunyai kandungan vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi ini berfungsi mengurangi kerontokan rambut Anda.

6. Merangsang Perkembangan Rambut

Ingin mempunyai rambut yang tebal? Penggunaan lidah buaya dapat menjadi solusinya. Manfaat dari lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang proses pertumbuhan rambut.

Ketika Anda mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, aliran darah pada kulit kepala dapat meningkat. Hal inilah yang membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Membuat Rambut Nampak Sehat Berkilau

Bukan cuma angan untuk mempunyai rambut sehat dan berkilau. Mulai saat ini, Anda bisa mendapatkannya dengan mengoleskan aloe vera pada rambut secara rutin. Di samping menutrisi rambut, kegunaan lidah buaya untuk rambut ternyata juga dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan rambut Anda.

Anda dapat pilih sendiri lidah buaya yang ingin digunakan pada rambut. Anda bisa mendapatkan kegunaan lidah buaya untuk rambut dengan memakai produk gel aloe vera yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Ataupun mengoleskan tanaman lidah buaya fresh langsung ke kulit kepala.

manfaat lidah buaya untuk rambut

Sumber: www.honestdocs.id

Cara Memakai Lidah Buaya Langsung dari Tanamannya untuk Rambut

Bila Anda memakai product gel lidah buaya, Anda dapat mengoleskannya dengan membaca peraturan cara memakainya pada kemasan. Sedangkan bagi Anda yang ingin memakai lidah buaya langsung dari tanamannya, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara berikut:

  1. Potong daun tanaman lidah buaya.
  2. Kupas kulit aloe vera yang berwana hijau.
  3. Gunakan sendok untuk mengambil gel bening dari dalam daun lidah buaya.
  4. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar dapat lebih mudah digunakan.
  5. Diamkan selama kira-kira satu jam.
  6. Setelah itu, keramas sampo seperti biasa.
  7. Ulangi langkah ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu jika dibutuhkan.

Tips Aman Ketika Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

Penting untuk diketahui bahwa keefektifan manfaat dari lidah buaya untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin merasakan sejumlah khasiat lidah buaya untuk rambut di atas, tidak ada salahnya untuk mencoba di rumah.

Jika Anda ragu, Anda dapat mencoba mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda mempunyai alergi pada aloe vera atau tidak. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke punggung tangan dan menanti reaksinya selama dua jam.

Bila tidak muncul reaksi apapun pada kulit yang diolesi lidah buaya, ini berarti Anda aman untuk menggunakannya. Namun, jika muncul reaksi alergi (seperti kemerahan, gatal, dan perih), segera hentikan pemakaian dan basuh kulit Anda hingga bersih.

Untuk lebih amannya, Anda sebaiknya selalu berhati-hati sebelum memakai produk apapun, termasuk lidah buaya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. Dokter kulit dapat membantu Anda dalam memilih apakah Anda cocok memakai aloe vera atau tidak.

Dengan begitu, kegunaan lidah buaya untuk rambut dapat Anda dapatkan secara safe dan optimal. Itulah ulasan mengenai cara memakai dan berbagai macam manfaat lidah buaya untuk rambut. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit