-0.3 C
New York
Sunday, March 7, 2021
Home Kesehatan Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui!

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui!

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil – Buah-buahan, menjadi menu wajib yang sebaiknya selalu ada dikala masa kehamilan. Berbagai jenis buah bisa Bunda pilih, salah satu yang paling populer yaitu buah mangga.

Makan mangga yang matang dikala hamil mempunyai keunggulan tersendiri, asalkan porsi makan yang Bunda makan terpantau dengan baik supaya tidak makan terlalu banyak. Buah satu ini kaya akan vitamin A, B6 dan C. Mangga memberikan nutrisi penting yang diperlukan wanita selama kehamilan.

Mangga juga kaya akan kalium, asam folat dan zat besi. Dipercaya bahwa makan mangga selama kehamilan bisa meningkatkan panas dalam tubuh, atau diketahui dengan istilah ‘thermogenesis’. Namun, tidak ada bukti bahwa makan mangga meningkatkan panas atau membahayakan janin.

Mangga merupakan sumber tenaga dan antioksidan yang amat penting selama masa kehamilan. Tetapi, dikala membeli mangga, pastikan Bunda tidak memilih mangga yang dimatangkan secara kimiawi. Dan seperti buah atau sayuran lainnya, ibu hamil mesti makan mangga dikala sedang musimnya.

Berbagai Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui

Mangga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Dikemas dengan flavonoid seperti alfa dan beta-cryptoxanthin & beta karoten, mangga adalah sumber vitamin C dan vitamin A.

Buah mangga juga mengandung kalium, folat dan tembaga dalam jumlah yang baik. Mangga juga tinggi kalori tetapi bisa menjadi sumber energi yang luar biasa. Bunda akan memerlukan banyak energi selama kehamilan, secara khusus pada trimester ketiga.

Lalu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat mangga untuk ibu hamil yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

manfaat mangga untuk ibu hamil

Sumber: https://www.momjunction.com

1. Mencegah Mual dikala Hamil Muda

Rasa mangga bisa mencegah mual pada ibu yang hamil muda di pagi hari. Mangga mempunyai banyak vitamin B6 yang bisa membantu Bunda untuk membangun ketahanan kepada morning sickness. Jadi, nikmati kehamilan Bunda dengan mangga matang yang berair dan segar.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dikala Hamil

Vitamin C dan E juga banyak dimiliki buah mangga, yang mempunyai efek anti-penuaan dan memberikan kilau pada kulit. Sehingga kecantikan Bunda selama hamil akan tetap terpancar. Selain itu, jangan sampai stres ya Bunda!

3. Camilan Sehat untuk Ibu yang Hamil Muda

Kehamilan bisa membawa kebiasaan baru untuk Bunda yang sedang menjelang usia awal kehamilan. Alih-alih mengambil satu kotak es krim atau sepotong kudapan manis besar, pilihlah beberapa potong mangga untuk memuaskan gigi-gigi Bunda yang menginginkan makanan manis.

4. Membantu Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan

Jika Bunda tidak mendapatkan cukup berat badan sesuai dengan usia kehamilan seharusnya, maka makan mangga secara teratur dan ingatlah bahwa Bunda akan menambah berat badan dengan cepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

5. Asupan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Mangga merupakan salah satu buah yang terkenal kaya vitamin C, hal tersebut menurut artikel jurnal How To Assess Iron Defiency Anemia and Use the Hemocue?. Makanan mengandung vitamin C bisa menyerap zat besi dengan baik, sehingga penting untuk wanita hamil.

Manfaatnya, dapat meningkatkan sel darah merah dan membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik. Bunda bisa memilih buah-buahan yang mengandung vitamin C lainnya, seperti jeruk, pepaya, stroberi, dan kiwi.

6. Memberikan Asam Folat untuk Perkembangan Bayi

Mangga kaya akan asam folat, yang penting untuk perkembangan sumsum tulang belakang dan otak janin. Hal tersebut dilansir dari Massachusetts Department of Public Health. Mengonsumsi mangga bisa mencegah cacat tabung saraf yang bisa terjadi pada awal kehamilan. Jadi, makan mangga bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Pada trimester pertama, banyak sistem yang berkembang, seperti jantung janin mulai berdenyut, mata dan alat pendengar sudah mulai terbentuk, dan otak yang sedang berkembang. Untuk itu, nutrisi yang baik amat diperlukan.

Selain itu juga bisa membantu bayi kita mengembangkan otak, lobus jantung dan sumsum tulang belakang. Selain itu, banyak bayi lahir cacat juga dapat dicegah.

manfaat mangga untuk ibu hamil

Sumber: https://www.alodokter.com

7. Sebagai Serat Makanan untuk Melancarkan Pencernaan

Pada masa kehamilan, Bunda bisa mengalami gejala yang membuat tidak nyaman, salah satunya wasir dan diare. Jadi, lebih baik makan makanan dengan serat makanan atau serat larut. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, mangga mempunyai banyak serat yang akan membantu ibu hamil dalam mencerna makanan dengan mudah.

Jadi, Bunda bisa makan mangga karena tidak perlu memikirkan masalah pencernaan dikala hamil. Nah, mangga ternyata membantu supaya Bunda mempunyai metabolisme yang baik dan meminimalisir gangguan pencernaan.

8. Buah yang Kaya Magnesium

Mangga merupakan buah yang kaya magnesium dan vitamin E sehingga bisa bertindak sebagai obat alami yang baik untuk mencegah preeklamsia serta membantu membangun otot bayi dalam kandungan. Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

9. Mengandung Antioksidan yang Penuh

Berperan sebagai antioksidan kuat, vitamin C dalam mangga dapat membantu mengembangkan daya tahan kepada radikal bebas, yang bisa menyebabkan kanker serta mengganggu perkembangan janin.

Dalam artikel jurnal Vitamin C Intake and The Risk of Preterm Delivery, vitamin C juga bisa menurunkan risiko kelahiran prematur.

10. Vitamin A Membantu Perkembangan Bayi

Kandungan vitamin A yang banyak ditemukan dalam buah mangga, membantu penyusunan gigi dan tulang bayi. Vitamin satu ini juga penting untuk mata, membantu dalam perkembangan paru-paru, jantung, dan ginjal, serta perkembangan sistem kekebalan. Hal tersebut menurut jurnal dalam Micronutrient Information Center.

11. Vitamin B6 untuk Otak Bayi dan Sistem Saraf

Mangga juga merupakan sumber vitamin B6 yang berperan penting dalam perkembangan otak janin dan sistem sarafnya dikala masih di dalam kandungan Bunda.

12. Membantu Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh

Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh ibu hamil memerlukan mineral ekstra. Dalam jurnal Fluid and Electrolyte Balance, mencukupi mineral ini, elektrolit terkandung pada mangga seperti magnesium, kalium, kalsium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan.

Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak, dan otot Anda bekerja sebagaimana mestinya. Jika dokter meminta Bunda untuk menambah asupan kalori, Bunda bisa menambahkan mangga ke dalam makanan, ya. Tetapi, kuncinya tidak berlebihan, jadi jangan makan lebih dari satu mangga per hari.

Direkomendasikan sebelum memasukkan mangga ke dalam makanan yang kita konsumsi, Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit