Manfaat Masker Kopi dan Garam

0
86
manfaat masker kopi dan garam
Advertisement

Manfaat Masker Kopi dan Garam – Apakah Anda gemar menggunakan bahan alami sebagai masker wajah? Jika iya, Anda wajib mencoba perawatan kulit wajah menggunakan masker kopi dan garam.

Perpaduan antara kopi dan garam yang dijadikan masker dipercaya oleh ahli kecantikan bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit wajah. Tidak hanya itu, masker kopi dan garam juga diklaim bisa membantu mengatasi masalah kulit yang mengganggu.

Advertisement

Manfaat tersebut didapat dari kandungan aktif yang terdapat pada kopi maupun garam, sehingga bisa menjauhkan kulit dari bahaya kanker. Garam yang biasanya digunakan dalam perawatan wajah ini yaitu garam laut atau sea salt.

Cara membuat masker kopi dan garam sangat mudah, Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum mencoba masker wajah yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui berbagai manfaatnya untuk kecantikan.

manfaat masker kopi dan garamSumber: https://www.sehatq.com

Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat masker kopi dan garam yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran

Manfaat Masker Kopi dan Garam sebagai Media Perawatan Kulit Wajah…

1. Mengurangi Kantung Mata dan Lingkar Hitam

Penggunaan masker kopi dan garam ini bisa bermanfaat untuk mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Pada Journal of Applied Pharmaceutical Science, memuat penelitian bahwa kafein pada kopi ampuh untuk mengurangi kantung mata.

Akibat pembuluh kapiler yang menyempit, sehingga akan memunculkan kantung mata. Oleh karena itu, kandungan kafein pada masker kopi dan garam inilah yang akan berkerja memperlebar pembuluh kapiler supaya kantung mata berkurang.

Selain itu, pada Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery juga menerbitkan penelitian lain bahwa lingkaran hitam di bawah mata terjadi akibat penumpukan pembuluh darah di bawah susunan kulit.

Sehingga, hal tersebut menyebabkan cairan di bawah mata membengkak dan mengakibatkan lingkar hitam di bawah mata. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa kafein bisa mengurangi penumpukan cairan di bawah mat dan pigmentasi.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Bedak Bayi dengan Air Biasa

manfaat masker kopi dan garamSumber: https://bukamatanews.id

2. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini adalah manfaat masker kopi dan garam lainnya. Jurnal Skin Pharmacology and Physiology merilis temuan yang memaparkan bahwa kandungan kafein pada kopi mempunyai sifat antioksidan tinggi.

Dalam hal ini, antioksidan sendiri berguna untuk melindungi sel dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang ada pada sinar matahari. Perlu Anda ketahui juga, bahwa cahaya matahari bisa mengurangi kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput.

Selain itu, cahaya mahatari juga bisa menyebabkan kulit muncul bintik-bintik hitam serta warna kulit menjadi tidak merata akibat sinar ultraviolet.

Baca Juga: Efek Samping Masker Susu Dancow dan Putih Telur

3. Mencerahkan Kulit

Pada jurnal Coffee in Health and Disease Prevention, memuat riset mengenai biji kopi mentah yang mempunyai kandungan senyawa bernama trigonelline. Namun, senyawa trigonelline ini berubah menjadi niacin (vitamin B3) setelah melalui proses pemanggangan (roasting).

Niacin sendiri terbukti berfungsi untuk mencerahkan kulit. Hal tersebut dinyatakan pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Riset tersebut menyatakan bahwa pemanfaatan niacin bisa mengurangi munculnya pigmentasi berlebihan (hiperpigmentasi) yang menyebabkan kulit menjadi kusam.

Niacin bisa mengurangi proses perpindahan sel yang menyimpan melanin (zat yang menyebabkan kulit lebih gelap) menuju permukaan kulit terluar. Akibatnya, hiperpigmentasi pun menyusut dan kulit pun nampak lebih cerah.

Baca Juga: Efek Samping Masker Bedak Marcks dan Air Mawar

Sumber: https://realfood.co.id

4. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat masker kopi dan garam selanjutnya adalah mengurangi potensi resiko kanker kulit. Dibuktikan pada riset yang terbit dalam jurnal International Journal of Cancer, manfaat ini berasal dai kandungan niacin pada biji kopi yang sudah dipanggang.

Ditunjukkan penelitian tersebut bahwa niacin bisa mengurangi tingkat kepekaan kulit terhadap sinar UV. Tidak hanya itu, niacin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal sinar UV. Perlu diketahui bahwa penyebab kanker kulit yaitu paparan sinar UV.

Sebab, DNA pada sel kulit akan rusak akibat paparan sinar UV yang terus menerus, sehingga pertumbuhannya tidak terkendali. Kopi mengandung chlorogenic acid yang juga berupa antikanker.

Hal tersebut ditemukan pada penelitian yang dimuat pada Journal of Evidence-Based Integrative Medicine. Ditunjukkan pada penelitian tersebut bahwa chlorogenic acid berfungsi sebagai penekan pertumbuhan kanker.

Dalam hal ini, cara kerja chlorogenic acid yaitu dengan menghimpit jalur yang bisa mempertahankan sel kanker. Meskipun begitu, jangan lupa gunakan tabir surya setiap hari untuk menahan kanker kulit.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar

5. Menghidrasi Kulit

Manfaat masker kopi dan garam untuk kulit wajah yaitu menghidrasi kulit agar tidak kering. Garam laut terbukti bisa menghidrasi kulit, khususnya garam dari Laut Mati. Temuan tersebut dipaparkan pada temuan yang terbit pada jurnal International Journal of Dermatology.

Riset tersebut menunjukkan bahwa garam laut dari Laut Mati mempunyai kandungan magnesium yang bisa mencegah kulit kehilangan air. Tidak hanya itu, garam juga bisa menghaluskan kulit wajah. Dengan garam laut ini juga akan mengurangi kemerahan pada kulit akibat sangat kering.

Itulah berbagai manfaat masker kopi dan garam yang bisa Anda coba. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Efek Samping Masker Kunyit