Manfaat Matahari Bagi Manusia dan Tips Cara Mendapatkannya!

0
91
Advertisement

Manfaat matahari bagi manusia – Matahari yakni sumber kekuatan yang paling besar di dunia. Ada juga manfaat dari sinar matahari bagi manusia yakni sebagai sumber utama penerangan yang menyinari semua belahan bumi saat siang hari dan pada malam hari sinar matahari dipantulkan melalui cahaya bulan. Tidak cuma manfaat kekuatan matahari bagi manusia, kekuatan tersebut juga sungguh-sungguh berguna bagi tumbuhan.

Matahari sendiri bisa memancarkan beberapa besar radiasi dengan julukan elektromagnetik. Di mana manusia cuma bisa memandang beberapa kecil dari kekuatan yang dihasilkan matahari tersebut, atau yang diketahui dengan nama “cahaya tampak”.

Advertisement

Manfaat Matahari Bagi Manusia

Jadi apa saja manfaat kekuatan matahari bagi manusia? Untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut, di bawah ini adalah informasi lengkap mengenai apa saja manfaat matahari bagi manusia.

1.Manfaat matahari bagi manusia memberi penerangan

manfaat matahari bagi manusia

Mungkin manfaat energi matahari bagi manusia ini yang paling banyak diketahui. Bayangkan saja, kalau tak ada kekuatan matahari yang berupa cahaya, maka dunia akan gelap gulita. Kemudian, segala umat manusia tak akan mampu memandang apapun yang ada di lingkungan sekitarnya.

Maka telah sewajarnya, kalau manfaat kekuatan matahari bagi manusia yakni sebagai sumber penerangan. Beda halnya dengan cahaya dari lampu, meskipun bisa sama-sama menerangi, melainkan perlu sumber kekuatan dari listrik yang tak gratis.

Baca juga: Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya…

2. Mengeringkan pakaian

manfaat matahari bagi manusia

Bayangkan saja, tanpa ada manfaat kekuatan matahari bagi manusia ini. Mungkin pakaian yang dicuci akan tetap basah dan beraroma apek. Sinar matahari sungguh-sungguh berguna sebagai media untuk menjemur pakaian yang gampang, natural, efektif, dan pastinya gratis. Dengan memanfaatkan kekuatan matahari inilah, pakaian yang dicuci bisa gampang kering dikala dijemur.

3. Hasilkan listrik

manfaat matahari bagi manusia

Berikutnya, manfaat energi matahari untuk menghasilkan kekuatan listrik. Daya listrik tersebut yang nantinya akan diterapkan sebaga sumber cahaya di malam hari dan menyalakan perangkat elektronik lainnya.

Di sisi lain, pemakaian kekuatan listrik yang berasal dari bantuan matahari atau diketahui dengan sel surya, telah pasti lebih ramah lingkungan. Malah, energi matahari yakni jenis energi terbarukan yang ketersediaannya sungguh-sungguh tak terbatas.

4. Bantu proses fotosintesis

manfaat matahari bagi manusia

Mungkin manfaat energi matahari ini tak segera dinikmati oleh manusia, melainkan tumbuhan. Sebab, matahari mampu membantu dalam proses pelaksanaan fotosintesis tanaman. Tanpa adanya matahari, maka telah bisa dipastikan kalau semua tanaman yang ada di bumi akan mati.

Lalu apa hubungannya dengan manusia? Tentu saja sungguh-sungguh erat kaitannya. Sebab, dikala tak ada tumbuhan di bumi, manusia dengan mudahnya akan binasa karena tak ada suplai oksigen yang berasal dari tumbuhan.

Dengan kata lain, keberlangsungan siklus kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sungguh-sungguh bertumpu pada kekuatan matahari.

5. Manfaat matahari bagi manusia sebagai sumber vitamin D

Vitamin D juga bisa disebut sebagai “vitamin cahaya matahari”, karena matahari yakni salah satu sumber gizi terbaik. Kulit manusia mempunyai sejenis kolesterol yang punya fungsi sebagai pembangun vitamin D. Saat senyawa tersebut terkena radiasi UV-B yang berasal dari matahari, maka akan berubah menjadi vitamin D.

Kandungan vitamin D yang diturunkan oleh cahaya matahari bisa saja bersirkulasi dua kali lebih lama dari vitamin D yang terkandung di dalam makanan ataupun suplemen vitamin D. Tetapi, jumlah vitamin D yang bisa diasup tubuh tergantung oleh adanya beberapa unsur seperti usia, musim, tabir surya, hingga pakaian.

Baca juga: Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya…

6. Menguatkan tulang

Dengan tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup berasal dari matahari, maka dapat memabantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin D mempunyai peran penting dalam pengaturan kalsium serta menjaga kadar fosfor dalam darah.

Sekiranya tubuh kekurangan vitamin D lebih-lebih pada buah hati-buah hati, maka berisiko timbul rakhitis. Itu juga dengan orang dewasa, kekurangan vitamin D terkait dengan osteomalacia atau pelunakan tulang. Kecuali itu, kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan osteoporosis.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Adanya paparan dari kekuatan cahaya matahari di siang hari, berguna untuk bantu membatasi jam internal yang akan memutuskan tubuh memproduksi melatonin dalam jumlah cukup di malam hari. Saat cahaya matahari mengenai retina, produksi serotonin dimulai.

Berdasarkan Healthline, adalam sebuah penelitian kecil yang mempunyai subyek pekerja kantor tepatnya tahun 2014 mengungkapkan, bahwa kian banyak pencahayaan natural yang subyek terima, maka akan kian bagus mutu tidur yang subyek natural.

8. Menjaga kesehatan mental

Manfaat energi matahari, mampu mensupport pelepasan serotonin serta endorphin. Kedua hormon tersebut terkait dengan suasana supaya lebih gembira. Hormon tersebut juga dapat berguna untuk membantu mengurangi depresi dan juga memberikan ketenangan dalam tubuh. Efek tersebut didapat dari cahaya matahari yang masuk lewat mata. Sinar matahari akan menju zona khusus di retina yang bisa memicu pelepasan serotonin.

Kemudian, paparan kekuatan cahaya matahari sungguh-sungguh berkaitkan dengan penurunan kadar serotonin yang bisa menyebabkan stres serta depresi berat. Maka dari itu, sungguh-sungguh direkomendasikan mendapatkan cahaya matahari selama 10-15 menit sehari.

Tips Mendapat Manfaat Matahari yang Aman

Walau ada banyak manfaat energi matahari, selain matahari bisa memancarkan radiasi ultraviolet (UV). Meskipun, cahaya UV bisa menembus kulit hingga berujung pada rusaknya DNA sel. Sekiranya telah seperti itu, maka akan menjadi penyebab kanker kulit.

Berdasarkan WHO, cukup 5-15 menit terkena cahaya matahari bagus di lengan, tangan, ataupun, wajah. Kamu hanya perlu berjemur 2-3 kali dalam satu minggu.

Baca juga: Manfaat Berjemur Dipagi Hari untuk Kesehatan Tubuh, Yuk, Intip!