Home Kesehatan Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan. Yuk Simak Ulasannya!

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan. Yuk Simak Ulasannya!

Manfaat minum air hangat – Banyak sekali manfaat minum air hangat untuk kesehatan, mulai dari kesehatan gigi sampai dengan pencernaan. Sudahkah Anda minum air hangat hari ini? Sebagian orang lebih suka meminum air putih dingin.

Padahal seandainya Anda minum air hangat setiap hari, bisa mempunyai manfaat positif untuk kesehatan Anda, lho. Mulai dari kesehatan organ tubuh, pencernaan, dan juga baik untuk kesehatan gigi.

Kok bisa ya, padahal minum air hangat sangat sederhana. Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah tanpa harus belanja dan mengeluarkan biaya.

Tapi supaya tidak berbahaya, Anda wajib mengetahui suhu air hangat yang dianjurkan. Sebaiknya konsumsi air hangat dengan suhu 38-40 derajat Celcius. Sebaiknya jangan minum air yang suhunya di atas 48 derajat celcius, ya.

Berikut ini afuza.co.id ulaskan artikel mengenai berbagai manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui. Yuk! Langsung simak ulasannya:

manfaat minum air hangat

Sumber: winnetnews.com

Berbagai Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

1. Meredakan Sinus

Manfaat minum air hangat di pagi hari bisa Anda rasakan untuk meredakan sinus. Biasanya waktu kita kedinginan di pagi hari, hidung akan mulai tersumbat dan susah bernapas. Nah, minum air hangat di pagi hari dipercayai bisa melancarkan pernapasan sehingga hidung Anda bisa mulai plong.

Menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS. minum air hangat bisa membantu meringankan lebih dari satu tanda-tanda infeksi pernapasan. Suhu yang lebih tinggi bisa mempercepat laju cairan dimana lendir bisa mengalir lebih mudah.

Suhu cairan yang kita minum kemungkinan bisa membuat perbedaan dalam cara kita mengelola dan menanggulangi gejala-gejala infeksi pernafasan atas tertentu.

2. Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Pencernaan

Jika dibandingkan dengan air dingin, minum air hangat lebih baik untuk pencernaan. Ada efek vasodilator yang bisa memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus sehabis minum air hangat. Ini baik untuk menunjang proses kerja pencernaan.

3. Mengemulsi Lemak Sehabis Makan

Minum air hangat sehabis makan juga sangat baik. Air hangat memiliki efek hidrasi lebih cepat. Suhu air bisa menunjang mengemulsi lemak dan mengakibatkan makanan menjadi lebih ringan dicerna.

4. Menghilangkan Rasa Pedas Lebih Cepat

Kenapa waktu kepedasan akan lebih cepat hilang rasa pedasnya seandainya kita minum air hangat?

Sensasi rasa pedas yang bisa berasal dari makanan yang manfaatkan biji cabai, senyawa kimianya bernama capcaisin. Senyawa ini akan larut dalam air panas, maka sehabis minum air hangat pada saat kepedasan Anda akan merasa lebih nyaman dan secara perlahan efek pedasnya pun akan hilang.

Sementara seandainya minum air dingin, sebenarnya mulai terasa enak tetapi rasa pedas masih selalu ada.

5. Membersihkan Racun di dalam Tubuh

Manfaat minum air panas bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Suhu panas bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak.

Ini merupakan proses untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Minum teh hijau atau cairan lemon segar  dengan air hangat dapat membantu detoksifikasi tubuh.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ahli Nutrisi Cara Walsh, RD, menyarankan mulai pagi harimu dengan air panas dan lemon untuk meningkatkan metabolisme, dengan langkah ini tubuh bisa membakar lebih banyak kalori selama hari.

”Minum air panas bisa membersihkan usus untuk mencegah kembung, dengan demikian akan menyingkirkan kelebihan berat air yang mungkin ada,” ungkapnya.

7. Mencegah Gigi Sensitif

Menurut Sanda Moldovan, MS, DDS, air hangat lebih baik untuk gigi dan restorasi, dan lebih ringan diserap.

Moldovan menjelaskan bahwa “Bahan putih khusus berkontraksi sebagai respons terhadap air dingin, yang mengakibatkan pengisian untuk debond off gigi.”

Air hangat dianggap sebagai suhu yang safe untuk gigi dan bisa memberi kenyamanan supaya Anda terhindar dari gigi sensitif. Suhu ekstrim yang sangat dingin bisa merugikan bagi kesehatan gigi.

8. Memperbaiki Sirkulasi Tubuh

Persis seperti waktu mandi air hangat, manfaat minum air hangat juga bisa melakukan perbaikan sirkulasi tubuh Anda.

Menurut lama Healthline, air hangat bisa membawa darah lebih efektif ke seluruh bagian tubuh dan bisa meningkatkan sirkulasi. Kondisi seperti ini bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskuler, lho.

9. Air Hangat untuk Meredakan Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi atau sembelit adalah rasa perut melilit yang mengakibatkan Anda mulai tidak nyaman. Perut mulai kembung, penuh dan mulas tetapi sangat susah untuk membuang air besar.

Minum air hangat dipercayai bisa meredakan konstipasi dan sembelit. Ibu hamil juga umumnya mengalami sembelit, biasakan minum air putih hangat untuk menanggulangi masalah ini.

10. Minum Air Hangat Membuat Anda Lebih Dermawan

Sebuah penelitian di University of Colorado Boulder menemukan bahwa peserta yang memegang secangkir kopi panas (dan tersedia juga minuman dingin) menilai orang lain miliki kepribadian yang lebih dermawan dan peduli.

Dalam bagian kedua dari studi, peserta yang memegang pad terapi panas lebih condong memilih hadiah untuk seorang temannya daripada hadiah untuk diri mereka sendiri.

Minum air hangat ternyata akan membuat seseorang lebih tenang, menghiraukan dan ramah.

11. Manfaat Minum Air Hangat untuk Mengatasi Akalasia

Manfaat minum air hangat berikutnya adalah untuk orang dengan akalasia. Akalasia adalah keadaan dimana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung.

Orang-orang dengan akalasia umumnya mengalami ada masalah menelan dan kadangkala seperti ada makanan yang terlilit di kerongkongan.

Para peneliti belum bisa membuktikan ini secara ilmiah, tetapi air hangat dipercayai bisa menunjang orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman.

Terlebih lagi waktu makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau susah dicerna, air panas sangat menunjang perjalanan makanan di kerongkongan.

Itulah berbagai manfaat minum air hangat yang baik untuk kebugaran kita. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit