web hit counter
Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

manfaat minum air putih

Manfaat minum air putih – Tentu Anda sudah sangat paham bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan. Namun, ternyata manfaat air putih bagi tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal saja, lho. Berbagai manfaat lain dari air putih, di dalam melumasi sendi hingga melindungi kesegaran otak pun dapat kita dapatkan.

Dalam sehari, terdapat batas-batas khusus mengonsumsi air putih yang wajib diikuti. Jika Anda terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih, manfaat tersebut justru berkurang, dan malah menjadi efek negatif untuk kesehatan.

Manfaat air putih sangatlah berbagai macam, sehingga sayang seandainya dilewatkan. Bagi yang masih seringkali kurang mengonsumsi air putih, mulailah ganti kebiasaan dan dapatkan manfaat minum air putih. Berikut ini afuza.co.id rangkumkan berbagai manfaat minum air putih yang wajib Anda ketahui:

Berbagai Manfaat Minum Air Putih untuk Memelihara Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Melancarkan Proses Pencernaan dan Menghambat Batu Ginjal

Saluran pencernaan dan usus membutuhkan air sehingga berfungsi dengan baik. Ketercukupan air membuat makanan yang kita konsumsi dapat dengan lancar melewati saluran pencernaan dan menghambat terjadinya sembelit.

Konsumsi air yang tidak cukup akan menyebabkan tubuh dehidrasi dan membuat Anda susah buang air besar. Selain itu, disaat cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menggerakkan fungsinya.

Inilah kenapa seandainya kita kurang minum air putih, risiko Anda terkena batu ginjal akan meningkat, terlebih pada iklim panas atau hangat.

2. Manfaat Minum Air Putih untuk Meningkatkan Kinerja Otak dan Energi

Dikutip berasal dari healthline.com, dehidrasi memiliki pengaruh besar pada tingkat energi dan fungsi otak. Dalam jurnal yang dipublikasi di National Library of Medicine ditemukan bahwa pada wanita muda, kehilangan cairan 1,36% sehabis berolahraga mengganggu suasana hati dan konsentrasi, dan menaikkan frekuensi sakit kepala.

Sementara pada pria muda, diketahui bahwa kehilangan cairan 1,59% membuat kerusakan memori kerja dan menaikkan perasaan risau dan kelelahan. Ketika otak berfungsi dengan baik tentunya dapat membuat Anda lebih fokus, mudah berkonsentrasi dan tetap di dalam suasana terjaga atau waspada.

manfaat minum air putih

Sumber: berita.smk-mapen.com

3. Melumasi Sendi dan Otot Sehingga Lebih Rileks

Minum air putih yang cukup melindungi kadar hormon tubuh sehingga tetap seimbang. Selain itu juga mengakibatkan otot-otot dan persendian menjadi lebih rileks.

Dikutip berasal dari medicalnewstoday.com, tulang rawan yang berada di sendi dan cakram tulang belakang mengandung kira-kira 80 prosen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan menyerap goncangan sendi, yang mengakibatkan nyeri sendi. Hal ini tentunya dapat mengganggu kegiatan Anda.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Turunkan Berat Badan

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk melindungi kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan pengaruh baik pada kulit Anda. Kulit tidak akan nampak kering dan gampang berkerut. Air putih dapat melembabkan kulit, membuat kulit menjadi sehat dan menyamarkan kerutan.

Selain itu, masih menurut medicalnewstoday.com, teratur minum air putih juga membantu menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan dapat mencegah Anda makan berlebih karena air yang sudah diminum dapat menciptakan rasa kenyang,

5. Meningkatkan dan Memperkuat Proses Imun pada Tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya yaitu membantu menaikkan dan memperkuat proses imun. Imun yang berfungsi sebagai proses kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak mengonsumsi air putih maka proses kekebalan menjadi lebih kuat.

Air akan mempunyai oksigen ke sel-sel tubuh sehingga proses menjadi lancar, serta air dapat membersihkan racun beresiko dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi efek kanker kandung kemih.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak manfaat lainnya yang dimiliki air putih bagi tubuh. Mengonsumsi air putih tak akan memberikan efek samping. Karena air putih tidak mengandung takaran kalori, lemak, karbohidrat serta takaran gula.

Namun, dengan catatan air putih yang Anda minum berasal dari sumber mata air terpilih dan memiliki takaran mineral alami yang terjaga. Itulah berbagai manfaat air putih yang wajib Anda ketahui, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Kiky Wulandari

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.