Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh. Check It!

0
42
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit – Minyak yang didapat dari ekstraksi buah zaitun disebut minyak zaitun. Buah zaitun memiliki nama ilmiah Olea europaea yang masih tergolong dalam keluarga oleaceae. Sebagai perdu tahunan yang kekal, pohon zaitun tumbuh dan mulai menghasilkan buah pada usia lima tahun.

Tanaman zaitun tersebar luas di negara-negara Afrika, semenanjung Arab, Mediterania, India, dan Asia. Selain diketahui sebagai penambah cita rasa makanan pada kuliner, minyak ini juga memiliki berbagai macam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Faktanya, ditunjukkan sebuah penelitian bahwa saat para peneliti mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit tikus yang terkena sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kanker. Minyak zaitun berkerja untuk melawan sel-sel penyebab kanker.

Secara signifikan tikus yang menggunakan minyak zaitun untuk kulitnya memiliki tingkat tumor lebih rendah. Berikut manfaat minyak zaitun untuk kulit yang dilansir dari berbagai sumber:

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Minyak Zaitun Kaya Kandungan Vitamin

manfaat minyak zaitun untuk kulit

Olive oil memang memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Minyak zaitun berdasarkan International Olive Council memiliki banyak kandungan vitamin, termasuk A, K, dan E serta vitamin E. Dengan beragam faktor bintik-bintik gelap bisa dihubungkan seperti penuaan, kerusakan kulit dampak radikal bebas, atau gangguan pada liver.

Diperkaya antioksidan penangkal radikal bebas serta vitamin E yang mungkin mengakibatkan flek hitam dan hiperpigmentasi. Pada saat kadar vitamin A dalam tubuh rendah, maka produksi keratin (protein natural pada rambut) akan meningkat pesat sampai melebihi batas optimalnya.

Situasi ini yang kemudian membuat produksi minyak di kulit lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. Selain itu, vitamin A bisa mempercepat proses penyusunan sel kulit baru.

Dengan demikian, risiko tersumbatnya pori-pori dikarenakan sel kulit mati akan berkurang dan tampilan pori-pori akan bersih bahkan akan tampak lebih kecil, serta mengurangi risiko munculnya jerawat.

2. Minyak Zaitun Kaya Kandungan Antioksidan

manfaat minyak zaitun untuk kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit berikutnya adalah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut squalene. Karena minyak zaitun memiliki kandungan squalene yang tinggi inilah yang memberi dorongan tambahan dalam manfaat antioksidannya.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Yuk! Baca Selengkapnya…

3. Manfaat Minyak Zaitun untuk Melawan Bakteri

Apabila Anda rentan terhadap jerawat, pakai sabun yang mengandung minyak zaitun, karena bisa mengurangi jerawat Anda dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Ditunjukkan sebuah studi bahwa minyak zaitun extra virgin melawan delapan jenis bakteri, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik.

4. Melembabkan Kulit dengan Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Kata Tony Nakhla, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, dan pendiri serta Ceo Eighth Day mengatakan apabila tangan Anda pecah-pecah dan kering, oleskan sekitar satu sendok teh minyak zaitun untuk membersihkan kulit.

Untuk memastikan bahwa minyak sepenuhnya menyerap ke dalam kulit Anda, tutupi tangan Anda dengan bungkus plastik. “Kerja ini disebut terapi oklusi,” kata Nakhla,

Karena minyak zaitun mengandung polifenol dan antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu memulihkan dan memperbarui sel-sel kulit.

Dalam semalam atau selama beberapa jam, kenakan sarung tangan. Lepaskan sarung tangan dan gunakan handuk kertas untuk mengeringkan dengan lembut untuk menghilangkan minyak berlebih. Tangan Anda akan terasa lebih lembut.

5. Tidak Menyumbat Pori

Tidak seperti pelembab komersial yang bisa menyumbat pori-pori dan memperburuk keadaan kulit saat ini, minyak zaitun menembus jauh ke dalam kulit sekaligus memberikan efek pembersihan.

Coba pakai minyak zaitun organik di malam hari sebagai pengganti pelembab biasa. Oleskan satu sendok teh minyak ke leher dan wajah. Tepuk kulit menggunakan handuk kertas dengan lembut untuk menyeka minyak berlebih.

6. Meningkatkan Pengelupasan

Selanjutnya, manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah kegunaannya dalam aplikasi pengelupasan kulit. Cara pengelupasan yang biasa menggunakan minyak zaitun adalah mencampurkan 1 sendok makan minyak dengan garam laut natural, gosokkan campuran ini ke kulit.

Kwalitas abrasive ringan dari garam laut, dikombinasikan dengan aksi penetrasi minyak yang dalam, akan menghilangkan sel kulit mati dan membuat epidermis tampak diperbarui dan bersinar.

7. Mengurangi Keriput dan Tanda-tanda Penuaan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
klikdokter.com

Seperti yang dilansir dari womenshealthmag, kata Tanzi “Minyak zaitun mengandung antioksidan kuat, yang dapat membantu menetralisir dan mengumpulkan radikal bebas yang bisa meningkatkan penampilan penuaan dan merusak kulit dengan adanya polifenol dan vitamin E.”

Masker wajah yang dihasilkan dengan minyak zaitun (2 sendok makan), dan jus lemon (1 sendok makan), dan sejumput garam laut, bisa meremajakan kulit Anda, dan mencegahnya melorot serta munculnya tanda-tanda penuaan lainnya.

Pijat wajah Anda dengan perlahan, dan ulangi perawatan ini setidaknya tiga kali seminggu. Anda juga bisa memakainya sebagai pelembab siang hari.

8. Mengatasi Iritasi

Julie Russak, MD, dermatolog di New York City, memberi rekomendasi mencoba minyak zaitun untuk menghilangkan ketidaknyamanan apabila Anda mengalami kulit kering, gatal, atau meradang.

Minyak zaitun mengandung senyawa oleocanthal yang dapat menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi. Air hangat yang ditambahkan sedikit minyak zaitun dapat untuk menghilangkan alergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here