web hit counter
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Sudah Tahukah Kamu?

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Sudah Tahukah Kamu?

 Manfaat Temulawak Untuk KesehatanApa itu Temulawak?

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan- Curcuma xanthorrhiza bisa digunakan sebagai obat-obatan, penyedap masakan, minuman, dan juga pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Khasiat temulawak untuk obat-obatan memang sudah sangat lama dikenal dan diketahui, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut berbagai kegunaan temulawak untuk kesehatan:

Berikut Ini Manfaat Temulawak, Yuk Simak Langsung Informasinya..

 

1. Manfaat temulawak, mengatasi masalah pencernaan

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang pengolahan cairan empedu di kantong empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan dan juga metabolisme makanan dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, temulawak juga memberi manfaat untuk menanggulangi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan tingkatkan nafsu makan, ujar para ahli penelitian.

Jurnal Clinical Gastroenterology plus Hepatology pernah meneliti, kemudian meminta pasien yang mengalami peradangan usus sebaiknya mengkonsumsi temulawak setiap harinya. Allhasil, pasien selanjutnya mengalami sistem pengobatan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi temulawak.

2.Manfaat temulawak untuk kesehatan, mengatasi osteoarthritis

Manfaat temulawak selanjutnya, yakni membantu pasien yang mengalami osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi jadi jadi sakit dan kaku.

Hal ini juga dibuktikan oleh jurnal yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative plus Complementary Medicine. Dalam jurnal selanjutnya tunjukkan bahwa dampak temulawak nyaris mirip seperti dampak ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

3. Mencegah dan juga membantu pengobatan kanker

Walaupun benar sedikit penelitian tentang kegunaan temulawak untuk pengobatan kanker, sebagian pakar percaya dapat khasiat tanaman ini. Kita bisamemanfaatkan temulawak untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Manfaat temulawak ini dapat dukungan bersama sebuah riset yang dikerjakan pada tahun 2001, yang memperlihatkan bahwa temulawak bisa mencegah pertumbuhan dan juga pertumbuhan kanker prostat.

University of Maryland Medical Center sudah melakukan penelitian dan hasil penelitianya, mengatakan bahwa bahan-bahan herbal kemungkinan bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terdapat di dalam obat herbal, juga temulawak.

4. Obat antiradang

Temulawak mempunyai kandungan senyawa antiradang yang berguna untuk pencegahan prostaglandin E2 yang membuat peradangan. Karena itu jumlah  antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

5. Antibakteri dan antijamur

Temulawak memiliki kandungan berbagai senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan yang ada pada temulawak yakni salah satunya antibakteri yang memiliki manfaat terutama sangat efektif untuk membasmi bakteri model Staphylococcus dan Salmonella. Selama senyawa, antijamurnya sangat ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

6. Temulawak sebagai kesehatan kulit berguna mengobati jerawat

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Sebagai dunia kecantikan, temulawak bermanfaat untuk mengobati jerawat pada kulit, apalagi kulit yang sensitif. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki karakter astringent. Astringent memiliki manfaat guna mengurangi mengolah minyak dari kelenjarnya. Selain itu, persentase antiseptik di dalamnya juga bisa membantu bersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat yang meradang dapat berangsur membaik dan sembuh.

7. Menjaga kesegaran liver

Ekstrak temulawak terbukti memiliki manfaat dalam menjaga hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen, (dilansir dari Scientific Researh Journal). Hepatotoksin adalah bahan kimia yang membuat dampak buruk pada hati. Tmulawak bisa menjadi salah satu rekomendasi bahan alami terbaik, yang bisa dijadikan untuk membantu menjaga kesehatan hati anda.

8. Temulawak sebagai obat diuretik

Sayang jika dilewatkan, berbagai manfaat temulawak, yaitu sebagai obat diuretik alami. Diuretik yaitu zat yang berfungsi membersihkan tubuh dari garam (natrium) dan air, supaya tak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Zat ini merangsang ginjal untuk melepas lebih banyak natrium ke dalam urine.

Diuretik dalam temulawak memiliki manfaat untuk mengurangi kelebihan cairan dari pembuluh darah. Dengan proses seperti ini nantinya, membantu kurangi tekanan pada dinding pembuluh. Biasanya diuretik benar-benar diperlukan untuk membantu pencegahan, mengobati, dan melakukan perbaikan kasus seperti:

  1. Gagal jantung
  2. Gagal hati
  3. Pembengkakan jaringan (edema)
  4. Masalah pada ginjal

9. Antispasmodik

Minyak Curcuma xanthorrhiza ternyata juga memiliki khasiat sebagai antispasmodik. Antispasmodik yaitu, golongan obat yang memiliki ciri khas sebagai relaksan otot polos. Dalam artian, obat ini bisa merilekskan otot halus di usus dan mencegahnya dari kejang. (dilansir dari pusat informasi)

Obat antispasmodik kebanyakan bermanfaat untuk menanggulangi keadaan Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS adalah keadaan pas usus besar mengalami masalah akibat kontraksi otot yang tidak normal. Akibatnya, orang bersama IBS dapat mengalami berbagai tanda-tanda seperti:

  1. Sakit perut
  2. Kembung
  3. Diare
  4. Kram perut
  5. Sembelit

10.Temulawak, bisa melawan depresi

Penelitian sudah buktikan curcumin yang terdapat didalam temulawak bisa mengatasi depresi, Curcumin efektif sebagai antidepresan.

Sudah banyak bukti bahwa curcumin bisa meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin, hormon yang tingkatkan suasana hati di otak.

Meskipun temulawak bagus jika digunakan untuk kesehatan, tetapi masih belum diketahui secara pasti bagaimana efek temulawak pada Covid-19. Perlu lebih banyak untuk menyadari manfaat temulawak untuk Covid-19 layaknya yang dikatakan Menkes Terawan.

Dengan jumlah antispasmodiknya, temulawak bisa jadi keliru satu obat alami yang bisa membantu meringankan tanda-tanda IBS. Jika digunakan untuk obat, antispasmodik biasanya dikonsumsi 30 hingga 60 menit sebelum makan.

Efek Samping Temulawak

Perut merasa mual sesudah makan, selain memiliki manfaat, temulawak terhitung bisa menyebabkan efek samping. Secara umum, temulawak safe jika digunakan sebagai obat tidaklah singkat, butuh beberapa waktu maksimal kurang lebih 18 minggu. Namun, jika digunakan lebih dari itu, bahan alami ini bisa membawa efek samping, khususnya iritasi perut dan mual.

Untuk itu, anda harus berkonsultasi khususnya ke dokter terlebibh dahulu sebelum konsumsi temulawak sebagai obat. Meskipun temulawak ini, berasal dari bahan yang cukup alami, tapi jangan salah bisa saja temulawak membawa efek buruk pada tubuh kita.

Selain itu, untuk anda yang memiliki penyakit hati dan persoalan empedu, sebaiknya jauhi untuk konsumsi bahan alami yang satu ini. Dikarenakan, temulawak bisa meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk suasana kesehatan anda. Jika anda memiliki batu empedu, berkonsultasilah khususnya dahulu ke dokter sebelum konsumsi temulawak.

Demikian manfaat temulawak yang bisa gunakan untuk kesehatan, perlu diingat jika anda memiliki penyakit hati atau yang lainya disarankan tidak menggunakan temulawak untuk kesehatan ya, jangan gunakan temulawak secara berlebihan dalam jangka panjang, Semoga ulasan diatas memberikan manfaat untuk kita semua.

 

fitaalfiani88@gmail.com

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.