web hit counter
Manfaat Olah Raga Bulu Tangkis, Beserta Sejarahnya, Intip Yuk..

Manfaat Olah Raga Bulu Tangkis, Beserta Sejarahnya, Intip Yuk..

Olah Raga Bulu Tangkis

 

Olah Raga Bulu Tangkis- Anda pecinta olahraga bulu tangkis ? baik yang hanya bisa menyaksikan atau gemar memainkan dan sudah merasakan manfaat olahraga ini tentu sedang menjalani “permasalahan” tentang olahraga ini. Ya, bulu tangkis jadi percakapan hangat beberapa selagi belakangan. Pasalnya, audisi umum tidak benar satu perkumpulan bulu tangkis asal Tanah Air “dipaksa” berhenti oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Yayasan Lentera Anak.

Polemik tersebut ramai di tempat sosial lantaran memperdebatkan soal eksploitasi anak berkaitan promosi merk rokok tertentu. Banyak pihak yang menyayangkan, sebab banyak atlet bulu tangkis kelas dunia yang dihasilkan dari audisi tersebut.

Peraturan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis memiliki sejumlah peraturan yang perlu dipatuhi oleh seluruh pemain. Peraturan tersebut meliputi jumlah pemain, cara mengawali pertandingan, hingga sistem penghitungan skor.

1. Perlengkapan Bulu Tangkis

Raket, memiliki panjang maksimal 68 cm dan lebar 22 cm, dan panjang kepala raket pada area senar yaitu, 28 cm dengan lebar 22 cm. Raket dapat terbuat berasal dari kayu atau aluminium dengan berat tak lebih berasal dari 150 gram.
Kok -> kok terbuat dari enam belas helai bulu yang ditancapkan pada gabus berdiameter 25–28 mm. Berat standar kok adalah kurang lebih 4,74–5,5 gram, sedangkan tinggi kok pada 64–74 mm.

2. Jumlah Pemain Bulu Tangkis
Tunggal, yakni satu lawan satu dan dapat dimainkan oleh putra maupun putri.
Ganda, yakni satu tim terdiri berasal dari dua orang.
Ganda campuran, yakni satu tim terdiri berasal dari 2 orang, 1 putra dan 1 putri.

3. Penentuan Awal Permainan
Pertandingan di awali dengan undian, yakni memanfaatkan cara lempar koin yang ditunaikan oleh wasit. Undian ini untuk memilih pemain mana yang perlu laksanakan servis terutama dahulu.

4. Penghitungan Skor Bulu Tangkis

Penentuan kemenangan di olahraga ini mengfungsikan sistem best of three (pemenang dua babak). Jadi, permainan bulu tangkis dapat terjadi sebanyak 2–3 babak. Apabila tersedia pemain yang memenangkan dua set berturut-turut, babak ketiga tidak perlu dilakukan.

Di tiap setnya, pemenang adalah pemain yang berhasil menyatukan poin 21 lebih dulu. Apabila terjadi kedudukan imbang di skor 20-20 (yus), pertandingan dapat dilanjutkan hingga tidak benar satu tim unggul dengan selisih dua poin.

5. Pelanggaran

  1. Kok menyangkut di net.
  2. Raket menyentuh net sementara memukul kok.
  3. Saat laksanakan pukulan, raket melalui net dan masuk ke area tim lawan.
  4. Kok udah dipukul tetapi jatuh di area sendiri (tidak berhasil melalui net).
  5. Saat menerima servis, pemain udah bergerak dulu sebelum akan kok berhasil dipukul.
  6. Saat melakukan/menerima servis, pemain menginjak garis batas lapangan.
  7. Kok jatuh di luar lapangan atau meluncur melalui bawah net.
  8. Kok dipukul dua kali, baik oleh satu maupun dua pemain dalam satu tim.
  9. Pemain sengaja mengulur-ulur sementara pertandingan.
  10. Pemain secara sengaja laksanakan perihal yang mengganggu tim lawan.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis berwujud persegi panjang yang dipisahkan oleh net di anggota tengah. Pada pertandingan bulu tangkis profesional, lapangan yang digunakan perlu punya ukuran standar yang udah ditentukan oleh PBSI maupun Badminton World Federation (BWF).

Adapun,Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis, Sebagai Berikut Ini ..

Olah Raga Bulu Tangkis

Terlepas dari tersedia atau tidaknya polemik itu, bulu tangkis adalah olahraga yang sejatinya mampu menyehatkan apabila dikerjakan secara rutin. Ini sebab bulu tangkis juga model olahraga kardio, yang mampu meningkatkan kesegaran otot jantung dan efisien menurunkan berat badan.

Tak semata-mata itu, olahraga bulu tangkis juga mampu mengimbuhkan faedah tersebut ini apabila dilakukan secara teratur dan rutin :

1. Olah raga bulu tangkis bisa meningkatkan kesegaran paru

Bulu tangkis terbukti bisa membantu meningkatkan kesegaran dan fungsi paru-paru secara signifikan. Sebab olahraga ini memicu sirkulasi darah jadi lebih optimal, supaya stamina dan fungsi paru ikut meningkat secara keseluruhan.

2.Olah raga bulu tangkis, membantu mengobati hipertensi

Tidak cuma menolong mengendalikan hipertensi, bulu tangkis juga dianggap mampu mengobati penyakit tersebut. Sebab bermain bulu tangkis sangat membantu melancarkan aliran darah di didalam tubuh, dan memicu reaksi kimia alami yang berupa seperti obat.

3.Olah raga bulu tangkis, mengurangi risiko diabetes

Olahraga bulu tangkis juga membantu menurunkan kandungan gula darah (glukosa) ke rentang optimal, supaya mampu kurangi risiko diabetes mellitus.

4.Olah raga bulu tangkis, meningkatkan kepadatan tulang

Bulu tangkis yang dikerjakan secara teratur dan tertib mampu kurangi tekanan terhadap tulang, juga memicu perkembangan sel yang mendorong perkembangan tulang yang kuat.

5.Meningkatkan fungsi  jantung

Olah Raga Bulu Tangkis,

Bulu tangkis mampu menolong membakar lemak dan menghilangkan kolesterol berlebih di didalam tubuh Anda. Selain itu, olahraga bulu tangkis juga menolong meningkatkan memproduksi kolesterol baik (HDL). Kesemua hal ini terhadap pada akhirnya mampu meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan, supaya risiko penyakit jantung dan serangan jantung mampu ditekan.

6. Meningkatkan refleks, kecerdasan dan produktivitas

Gerakan bulu tangkis yang konstan membantu anda lebih waspada, supaya meningkatkan refleks tubuh. Sangat memungkinkan anda untuk berkonsentrasi lebih baik terhadap pekerjaan, mempunyai gerakan yang lebih lincah, dan mengembangkan kekuatan yang menolong menghilangkan stres.

7. Mengatasi stres

Rutinitas harian bikin tertekan dan stres? Jika ya, Anda perlu menyempatkan 15–30 menit didalam sehari untuk bermain bulu tangkis. Dengan ini, Anda dapat terasa lebih relaks supaya “beban” yang mencetuskan stres mampu hilang seketika.

Penelitian mengatakan bahwa individu yang bermain bulu tangkis secara teratur dan tertib condong mempunyai suasana hati yang lebih santai dan pikiran yang tenang.

8. Meningkatkan faedah kognitif

Saat bermain bulu tangkis, anda perlu memiliki pikiran dan tubuh yang terkoordinasi. Hal ini mampu membantu mengasah faedah kognitif dan keterampilan Anda didalam berpikir maupun mengambil alih keputusan.

Itulah beberapa manfaat olahraga bulu tangkis untuk kesehatan. Meski kini sedang dilanda “perselisihan”, bulu tangkis selamanya jadi olahraga yang mampu menyehatkan tubuh secara menyeluruh terkecuali dikerjakan bersama dengan tepat dan secara rutin. Jadi, apakah Anda tertarik untuk terasa menggeluti olahraga yang satu ini?

SELAMAT MENCOBA !

 

fitaalfiani88@gmail.com

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.