Olah raga Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria atau Wanita. Check It!

0
51
olah raga cara mengecilkan perut
Advertisement

Olah raga cara mengecilkan perut – Apakah Anda mempunyai perut yang buncit? Seringkali perut buncit menjadi persoalan bagi para wanita dalam berpenampilan. Selain sulit dalam memilih pakaian, perut buncit rupanya juga beresiko mengakibatkan beragam macam penyakit.

Resiko penyakitnya yaitu seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi sampai penyakit jantung. Perut yang membuncit diakibatkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang kita konsumsi sehari-hari.

Advertisement

Gaya hidup yang buruk serta pola makan membuat tumpukan lemak selanjutnya semakin membesar di sebagian bagian tubuh, salah satunya adalah perut. Sehingga tubuh akan nampak gendut dan tentu saja akan merusak penampilan.

Diet saja tidak cukup untuk memperkecil perut. Anda harus mengimbanginya dengan berolahraga untuk membakar tumpukan lemak tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi gerakan olah raga cara mengecilkan perut dalam waktu singkat. Gerakannya mudah dan dapat dikerjakan dimana saja tanpa perlu alat khusus, termasuk saat Anda santai di rumah.

Rekomendasi Olah raga Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria atau Wanita

1. Sit Up untuk Mengecilkan Perut

olah raga cara mengecilkan perut

Sumber: klikdokter.com

Anda tentu sudah sangat familiar dengan gerakan olahraga yang satu ini. Ya, sit up merupakan gerakan yang dapat memperkecil serta mengencangkan otot perut, terlebih pada perut bagian atas.

Ikuti langkah berikut:

  • Mulailah dengan berbaring telentang dengan posisi tangan dilipat di depan dada dan lutut ditekuk.
  • Lalu angkat badan mendekati lutut, kemudian kembali ke posisi awal atau tahan badan beberapa centi sebelum menyentuh lantai dan sebelum kembali mengangkat badan.
  • Lakukan gerakan ini sepanjang 30 kali dalam satu sesi dan mengulangi gerakan ini sedikitnya satu hari sekali.

2. Corkscrew untuk Mengecilkan Perut

olah raga cara mengecilkan perut

Sumber: seruni.id

Bagi Anda yang baru saja melahirkan, Anda dapat melakukan gerakan corkscrew ini. Gerakan ini dapat mengencangkan otot perut yang kendur pasca melahirkan.

Ikuti langkah berikut:

  • Baringkan badan dengan posisi kaki terangkat, lantas tekuk lutut sedikit. Posisikan kedua tangan disamping badan.
  • Untuk mengangkat pinggul, gunakan otot perut bawah sambil memutarnya ke sisi kanan.
  • Tahan 3 detik kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dalam satu sesi.

3. Olah raga Crunches untuk Mengecilkan Perut

olah raga cara mengecilkan perut

Sumber: ussfeed.com

Crunches adalah salah satu gerakan yang paling efektif untuk membakar lemak perut.

Ikuti langkah berikut:

  • Berbaringlah dengan keadaan kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat, serta letakkan tangan Anda di belakang kepala.
  • Kemudian angkat kepala dan bagian atas tubuh. Namun ingat, jangan menekuk leher dan kepala. Gunakan otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong tubuh.
  • Atur nafas pada saat melakukan gerakan ini. Lakukan crunches selama sekitar 8 sampai 10 kali dalam satu sesi.

4. Side plank untuk Mengecilkan Perut

Sumber: drshillingford.com

Gerakan side plank berfungsi untuk melatih otot perut bagian samping, paha dan pinggul.

Ikuti langkah berikut:

  • Berbaringlah pada sisi kiri tubuh dengan posisi tangan kiri menahan beban tubuh.
  • Letakkan tangan kanan di pinggang, kemudian angkat pinggul ke atas. Tahan gerakan ini sampai 30-45 detik. Ulangi gerakan 10-15 kali dalam satu sesi.

Gerakannya mudah bukan? Sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk Anda melakukan olahraga. Anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun tanpa perlu perlengkapan olahraga khusus.

Gerakan-gerakan olahraga memperkecil perut tersebut sebaiknya dikerjakan secara rutin, sedikitnya seminggu tiga kali demi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.