Olah Raga Ibu Hamil

Olah Raga Ibu Hamil

Olah raga ibu hamil – Hamil bukan alasan untuk Anda berhenti atau tidak olahraga sama sekali. Anda sebenarnya justru sangat untuk dianjurkan rajin olahraga selama kehamilan demi melindungi kesegaran tubuh dan mendukung kesegaran janin.

Selain memperlancar persalinan, ibu hamil yang rajin olahraga biasanya dipercaya dapat melahirkan bayi cerdas, lho! Jadi, apa saja ya pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil?

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Meski dianjurkan berolahraga, tapi tidak semua jenis olahraga dapat dan boleh dilaksanakan untuk ibu hamil. Ada beberapa yang aman dan beberapa lainnya justru tidak.

Namun ingat, fungsi olahraga untuk ibu hamil umumnya dapat lebih besar daripada mudaratnya. Maka sebelum melakukan olahraga, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Nantinya dokter akan memberikan rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang aman. Semua itu tergantung dari kondisi kehamilannya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis olah raga aman untuk ibu hamil yang dapat Anda lakukan:

Beberapa Jenis Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil :

1. Olahraga Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Jika Bunda di awalnya tidak memiliki normalitas olahraga intens, tentu dapat susah untuk memulai olahraga meskipun ringan pada masa kehamilan.

Solusinya adalah memilih tipe olahraga yang sangat ringan dan tidak terlalu menuntut fisik, yakni dengan berjalan kaki. Berjalan kaki adalah olahraga mudah yang aman semasa kehamilan namun dengan banyak kelebihan.

Selain melatih kardio atau pernapasan, berjalan kaki juga tidak memberi pengaruh beban pada lutut dan pergelangan kaki. Olahraga ini juga praktis, sebab Bunda dapat berjalan kaki kapan saja dan dimana saja.

Tips Olahraga Aman:

Seiring pertambahan umur kehamilan, sebaiknya Bunda hindari lintasan untuk berjalan kaki yang berlubang atau berbatu. Pastikan juga Bunda mengenakan sepatu olahraga yang baik.

2. Olahraga Renang untuk Ibu Hamil

Olahraga air menjadi salah satu alternatif olahraga hamil yang ideal, sebab bebas tekanan ataupun beban pada persendian.

Daya apung dari air menjadikan beberapa jenis olahraga. Misalnya berenang, berjalan di dalam air, sampai aqua-aerobics yang cukup aman untuk dilakoni selama hamil.

Tips Olahraga Aman:

Gunakan pegangan kolam renang, agar nantinya tidak sampai tergelincir sewaktu memasuki kolam renang. Hindari olahraga air ekstrem, layaknya diving atau loncat indah.

Hindari juga kolam renang dengan suhu yang tinggi, juga sauna dan kolam air hangat, untuk hindari risiko kepanasan.

3. Olah raga Sepeda Statis untuk Ibu Hamil

Sepeda statis atau spinning juga salah satu olahraga yang aman bagi ibu hamil. Olahraga ini juga tergolong aman bagi Bunda yang sebelum hamil jarang untuk berolahraga.

Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung. Sepeda statis juga ideal untuk mendukung bobot tubuh ibu hamil dengan resiko jatuh minimal, dikarenakan tidak menaruh beban terhadap kaki dan persendian.

Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil:

Pastikan pegangan telah stabil sebelum Bunda menaiki sepeda statis. Minta dukungan pasangan atau teman kala usia kandungan yang membesar.

4. Olah raga Yoga untuk Ibu Hamil 

Olahraga ini merupakan salah satu favorit bagi ibu hamil dikarenakan dapat meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas anggota tubuh.

Yoga juga memperkuat otot, memperlancar peredaran darah, dan baik untuk relaksasi. Teknik yoga yang erat dengan pernafasan dan juga kendali emosi pun dapat sangat bermanfaat pada saat proses bersalin.

Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil:

Hindari pose yoga yang terlalu menuntut keseimbangan atau mengharuskan berbaring dengan posisi perut atau punggung di lantai. Usahakan stretching seadanya untuk hindari cedera otot.

5. Aerobik Ringan untuk Ibu Hamil

Olahraga aerobik dapat bermanfaat untuk memperkuat jantung dan paru-paru sekaligus mengencangkan otot. Aerobik mudah yang aman untuk olahraga adalah step aerobics atau lari/loncat ringan.

Banyak tipe olahraga aerobik mudah yang dirancang khusus bagi ibu hamil. Bunda dapat semakin tenang dengan gerakan yang diajarkan.

Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil:

Konsultasikan bersama instruktur untuk mengatur dengan kapabilitas olahraga Bunda.

6. Olah raga Beban Ringan untuk Ibu Hamil

 

Jika Bunda sudah mempunyai dasar normalitas olahraga sebelum hamil, olahraga angkat beban yang ringan relatif aman dilakukan. Pastikan Bunda manfaatkan beban yang sangat ringan (1-2 kg) dan diawasi instruktur yang sigap mendukung setiap saat.

Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil:

Selalu untuk prioritaskan keamanan pada saat berolahraga mengangkat beban. Lakukan secara perlahan dan atur pernafasan senyaman mungkin. Jangan memaksakan dan Anda perlu tau batas kapabilitas setiap saat.

Itulah beberapa rekomendasi berbagai rekomendasi olah raga untuk ibu hamil yang aman sekaligus menyehatkan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *