Olah Raga Saat Puasa

Olah Raga Saat Puasa

Olah raga saat puasa – Bulan Ramadan adalah bulan yang unik dimana umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Diantara waktu tersebut, sepanjang kurang lebih 13 jam, tubuh tidak memperoleh suplai makanan dan minuman dari luar. Selain waktu makan, makanan yang dimakan pada saat bulan Ramadan kebanyakan berbeda dari biasanya.

Hal ini dikarenakan adanya tradisi makan makanan tertentu yang cuma ada di bulan Ramadan, seperti kolak, kurma, dan es blewah. Perubahan pola makan ini bisa mempengaruhi manfaat tubuh. Banyak orang yang masih tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya agar senantiasa bugar di bulan Ramadan.

Selain itu, ada juga atlit yang masih tetap melakukan latihan di bulan Ramadan untuk persiapan kompetisi. Olahraga sebenarnya membawa dampak positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh agar senantiasa bugar dan sehat. Berikut ini rekomendasi beberapa olah raga saat puasa yang dapat Anda lakukan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Penasaran? Yuk! langsung simak artikel dibawah ini:

1. Jogging/Treadmill Saat Puasa

Melakukan jogging dengan intensitas ringan sangat baik selama berpuasa. Kita dapat melakukan jogging beberapa jam sehabis melakukan sahur di pagi hari ataupun pada saat sore menjelang waktu berbuka.

Jogging di pagi hari dapat memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, dikarenakan masih banyaknya kekuatan yang tersimpan di dalam tubuh sehabis makan sahur.

Lakukan jogging ringan sekitar selama 20-30 menit untuk menjaga kesegaran tubuh pada saat berpuasa. Namun, Anda harus tetap gunakan intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

2. Bersepeda Saat Puasa

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif yang terhitung ringan untuk dapat dijalankan pada saat berpuasa. Melakukan bersepeda selama berpuasa bisa dilakukan pada pagi hari atau sehabis subuh.

Anda dapat bersepeda dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda selama kurang lebih 45 menit untuk tetap menjaga kesegaran tubuh.

Bersepeda dengan waktu kurang lebih 45 menit akan dapat membakar kurang lebih 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

3. Bowling Saat Puasa

Bowling adalah salah satu jenis olahraga yang cenderung kepada bentuk permainan. Olahraga ini membuat kita menjadi lebih rileks dan dapat selalu berstamina.

Kita bisa bermain bowling selama menanti waktu untuk berbuka puasa, dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina senantiasa terjaga.

4. Olah raga Renang Saat Puasa

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik, renang bisa kita tentukan sebagai jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan selama berpuasa.

Kita bisa mengisi waktu sebelum berbuka dengan aktivitas berenang selama kurang lebih 30 menit. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria.

Namun pada saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin dapat membatalkan puasa.

5. Olah raga Jalan Cepat Saat Puasa

Jalan cepat adalah salah satu alternatif olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan selama berpuasa. Kita dapat melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan pada waktu yang tidak terbatas.

Jalan cepat yang dilakukan selama sekitar kurang lebih 30 menit, dapat membantu kita dalam menjaga keseimbangan tubuh pada waktu berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat ketika menjelang berbuka.

6. Olah raga Yoga Saat Puasa

Selain dapat menjaga pikiran agar selalu tetap rileks, yoga termasuk menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang bisa membantu dan mempercepat sistem detoksifikasi di dalam tubuh.

Prosesi yoga yang berfokus terhadap pelatihan tehnik pernapasan, dapat membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk senantiasa berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa.

Yoga bisa dilakukan kapanpun selama waktu berpuasa. Pilihlah wilayah yang tenang dan jauh dari keramaian untuk bisa melakukan yoga yang maksimal.

7. Naik Turun Tangga

Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang dapat dijalankan pada saat berpuasa.

Olahraga ini tergolong ringan namun dapat menyebabkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya sesuai prosedur yang baik.

Naik turun tangga selama sekitar kurang lebih 10 menit akan membantu turunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Itulah beberapa rekomendasi olah raga saat puasa yang dapat Anda lakukan, Anda dapat menjalankan ibadah puasa sekaligus tetap menjaga kesehatan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *