Home Kesehatan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Olahraga untuk Mengecilkan Perut

olahraga untuk mengecilkan perutOlahraga untuk Mengecilkan Perut-Perut yang kelihatan besar seringkali menjadi masalah bagi para wanita dalam berpenampilan. Selain sulit memilih pakaian, perut besar atau buncit rupanya juga beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Perut yang kelihatan besar atau buncit diakibatkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang kita konsumsi sehari-hari.

Pola makan serta gaya hidup yang buruk membuat tumpukan lemak tersebut semakin membesar di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah perut. Sehingga tubuh terlihat gendut dan tentu saja merusak penampilan.

Diet saja tidak bisa untuk mengecilkan perut. Kamu harus mengimbanginya dengan berolahraga untuk membakar tumpukan lemak tersebut.

Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga mengecilkan perut buncit dalam waktu singkat. Gerakannya sederhana dan dapat dilakukan dimana saja tanpa memerlukan alat khusus, termasuk saat Kamu sedang santai di rumah.

Untuk tetap mempunyai perut yang kecil. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Sit Up yang Menjadi Gerakan Favorit  olahraga mengecilkan perut

Bagi kalian yang ingin melakukan olahraga mengecilkan perut, dapat melakukan suatu gerakan, yaitu dengan sit up yang menjadi gerakan favorit masyarakat. Ini dikarenakan gerakan olahraganya cukup simple dan dapat dilakukan kapan saja. Gerakan satu ini dapat mengecilkan otot perut terutama pada bagian perut atas.

Cara melakukannya adalah mulailah berbaring secara telentang dengan posisi tangan dilipat taruh dibelakang kepala dan lutut ditekuk. Kalau sudah, angkat badan mendekati lutut, dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan untuk mengecilkan perut ini selama 30 kali dalam sehari.

2. Side Plank, Butuh Kekuatan Ekstra

Gerakan kedua Anda dapat mencoba side plank. Di mana olahraga ini sedikit berbeda dari plank biasa, yang akan menopang berat tubuh pada dua titik, yaitu, kaki dan siku. Menariknya, side plank juga dapat membuat posisi tubuh lebih stabil, karena otot-otot badan bekerja lebih keras.

Cara melakukan side plank adalah sebagai berikut :

  • Hadaplah ke kanan atau ke kiri.
    Kemudian tempatkan siku tepat berada bagian bawah bahu dan tegak lurus terhadap lengan tubuh.
  • Jika sudah, meregangkan kaki Anda dan tumpukan keduanya. Anda juga bisa menempatkan satu kaki sedikit ke depan dari kaki yang lain.
  • Lalu angkat pinggul yang menempel ke lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu sampai kaki.
  • Setelah itu, tahan posisi di atas pinggul selama 30-45 detik dan turunkan tubuh kembali.
    Ulangi gerakan kecilkan perut ini selama beberapa kali.

3. Elbow Plank, Gerakan yang Juga Bisa Melatih Otot Inti

olahraga mengecilkan perut

Mengecilkan perut Anda juga bisa melakuakan dengan elbow plank. Olahraga satu ini tidak hanya membakar lemak di perut, tetapi juga bermanfaat untuk melatih tubuh dan stabilitas otot-otot inti dalam perut dan paha.

Berikut adalah cara untuk melakukan elbow plank :

  • Pertama, posisi tubuh Anda untuk menghadap ke lantai.
  • Kemudian posisikan kedua telapak tangan sampai siku di atas lantai.
  • Jika sudah, cobalah untuk mengangkat tubuh hingga posisi siku membentuk sudut yang tepat.
  • Jaga posis punggung atau tulang belakang Anda untuk tetap lurus dan terus dan tahan gerakan selama 30 detik.
  • Ulangi olahraga tersebut sampai 3 kali.

4. Corkscrew yang Termasuk Gerakan Mudah olahraga mengecilkan perut

Ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Yaitu corkscrew yang biasanya dilakukan ibu setelah melahirkan. Hal ini diyakini dapat mengencangkan otot perut yang kendur setelah melahirkan.

Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, baringkan tubuh dengan posisi kaki terangkat, sedikit menekuk lutut.
  • Jangan lupa untuk meletakkan kedua tangan di sisi samping tangan.
  • Mulai mengangkat pinggul sambil memutarnya dengan menggunakan otot-otot perut bagian bawah. Tahan posisi selama 3 detik dan kemudian kembali ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam setiap melakukan corkscrew

5. Leg Raise, Berpusat Pada Otot Perut Bagian Bawah olahraga untuk mengecilkan perut

Ada lagi gerakan yang tak kalah efektif untuk kecilkan perut, yaitu leg raise. Olahraga ini berpusat pada otot perut bagian bawah. Oleh karena itu, jika Anda melakukan latihan gerakan ini beberapa kali, pasti otot perut akan terasa panas karena pembakaran lemak.

Berikut adalah cara untuk melakukan kenaikan leg raise :

  • Pertama,baringkan tubuh dengan posisi terlentang di lantai.
  • Kemudian angkat kedua kaki sampai membentuk sudut siku-siku.
  • Jika sudah, turunkan kaki tanpa menyentuh lantai dan angkat lagi untuk membentuk sudut siku kembali.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali.

6. Crunches, Berpusat Pada Otot Perut dan Punggung

Selain itu, ada crunches yang juga banyak disukai untuk mengecilkan ukuran perut. Langkah ini sangat efektif untuk membakar lemak perut dalam waktu yang cukup singkat. Namun, olahraga ini memiliki gerakan yang sangat sulit dan cukup melelahkan jika dilakukan pertama kali.

Bagi Anda yang ingin melakukannya, berikut adalah cara-caranya:

  • Mulailah berbaring dengan keadaan kaki dilipat hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian letakan tangan Anda di belakang kepala.
  • Kemudian, angkat kepala dan atas tubuh tetapi jangan menekuk kepala.
  • Jadi, pakai otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong tubuh.
  • Untuk satu kali dalam melakukan crunches, lakukan gerakan ini sebanyak 8 sampai 10 kali.

7. Cross Crunch, Gerakan Mudah Tapi Tidak Boleh Salah olahraga untuk mengecilkan perut

Gerakan lain yang harus dilakukan adalah kontraksi melintang atau cross crunch . Selain dapat membuang lemak perut, olahraga ini juga dapat membuat otot punggung dan paha Anda kuat. Bila di lihat sekilas, cross crunch sangat sederhana. Namun, jika gerakan salah, itu bisa menyebabkan cedera. Oleh karena itu, sebelum melakukan olahraga ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Berikut adalah cara melakukannya:

  • Pertama,baringkan tubuhs secara terlentang diatas lantai.
  • Kemudian, tangan dan kaki ditempatkan secara diagonal sehingga tubuh membentuk huruf X.
  • Setelah itu,tetap menjaga kaki dan lengan lurus,kemudian arahkan tangan kanan ke kaki kiri dan tangan kiri ke kaki kanan
  • Kemudian angkat kepala, leher dan bahu dari lantai.
  • Untuk hasil terbaik, lakukan latihan ini sebanyal sepuluh kali dalam melakukan cross crunch

8. Heel Touch, Cocok untuk Kaum Rebahan  olahraga mengecilkan perut

Selain itu, ada heel touch yang gerakannya cukup mudah. Karena hanya cukup berbaring telentang dan menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Oleh karena itu, sangat cocok untuk kaum rebahan.

Bagaimana gerakan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tubuh berbaring terlentang menghadap ke atas di lantai.
  • Kemudian tekuk kedua kaki dengan lutut menghadap ke atas.
  • Kemudian angkat bahu sedikit dan menyentuh tumit kanan dan kiri secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali dalam setiap melakukannya.

Itulah beberapa olahraga mengecilkan perut. Semuanya sangat mudah untuk diterapkan, sehingga kalian bisa menirunya. Namun, ketika melakukan ini ada hal yang harus dilakukan. Yaitu melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan sesudah lakukan gerakan. Itu semua untuk mencegah terjadinya cedera.

Baca juga cara mengecilkan lengan

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit