Home Makanan Resep Ketan Durian Spesial

Resep Ketan Durian Spesial

Resep Ketan Durian Spesial – Durian dikenal sebagai buah berduri yang populer dengan aroma dan rasanya yang begitu khas. Buah durian sendiri memiliki nama marga durio dan termasuk ke dalam suku Malvaceae.

Di Indonesia, buah durian ini juga termasuk salah satu jenis buah yang cukup populer dan banyak disukai. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang tidak begitu menyukai buah ini karena aroma dan tekstur buahnya yang lembek.

Padahal buah durian memiliki rasa manis yang cukup memanjakan lidah. Kerap disebut sebagai rajanya buah-buahan, jadi tidak heran jika harga dari buah durian ini cukup mahal. Selain bisa dimakan langsung, buah durian bisa diolah menjadi beragam jenis makanan.

Salah satu makanan berbahan dasar durian yaitu ketan durian. Cara membuat kudapan manis yang satu ini sangat mudah, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa dengan mudah Anda dapatkan.

resep ketan durian spesial

Sumber: https://www.fimela.com

Penasaran dengan cara membuat kudapan ketan durian ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep ketan durian spesial yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Resep Ketan Durian Spesial yang Rasa Manisnya Memanjakan Lidah… 

Bahan Ketan:

  • 500 gr beras ketan
  • 500 ml air santan
  • Daun pandan secukupnya
  • 1/4 sdt garam

Bahan Fla Durian:

  • 300 gr daging durian, haluskan
  • 500 ml air santan kelapa
  • Setengah sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 6 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 150 ml susu kental manis
  • 4 sdm maizena, larutkan dengan 3 sdm air biasa

resep ketan durian spesialSumber: https://www.youtube.com

Cara Membuat Ketan Durian Spesial:

  1. Pertama, rendam terlebih dahulu beras ketan selama 2 jam agar ketannya lebih kenyal.
  2. Cuci beras ketan setelah direndam, lalu kukus dengan daun pandan selama kurang lebih 25 menit sampai tekstur ketan setengah matang atau agak lengket.
  3. Selanjutnya masak santan, gula pasir, dan garam sampai mendidih dengan api sedang. Setelah mendidih, masukkan beras ketan yang dikukus tadi. Lalu masak sampai santan berkurang dan meresap dalam ketan. Angkat dan dinginkan.
  4. Kemudian kukus ulang ketan selama 25 menit dengan api sedang atau sampai sangat matang sempurna.
  5. Setelah itu buat fla duriannya, masak santan dengan daging durian, gula pasir, garam, vanili dan susu kental manis dengan api sedang. Jika sudah mendidih, masukkan maizena, lalu kecilkan api. Aduk terus sampai sangat matang, angkat dan dinginkan.
  6. Berikutnya bungkus ketan dan fla durian dengan takir daun pisang atau pandan. Lalu kukus ulang atau bisa juga langsung langsung dimasukkan ke kulkas. Ketan durian spesial pun siap disajikan.

Cara membuat ketan durian spesial ini tidak terlalu sulit bukan? Anda dapat mempraktekan membuat kudapan manis satu ini di rumah untuk keluarga tercinta di rumah. Semoga artikel resep ketan durian diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit