Resep Kue Basah Khas Banjar (Ambikuk)

0
6
resep kue basah khas banjar
Advertisement

Resep Kue Basah Khas Banjar – Saat Ramadhan tiba, kue ini termasuk salah satu makanan primadonanya Kota Banjarmasin. Ambikuk atau kue dari singkong ini sangat cocok disajikan saat santai bersama keluarga, teman, dan kerabat.

Hidangan yang tergolong sebagai makanan penutup asal kota Banjarmasin ini akan sangat cocok dijadikan menu takjil saat berbuka puasa.

Advertisement

Cita rasanya yang legit, gurih dan tekstur lembut dari singkong akan membuat siapa saja terlena dengan kelumerannya di dalam mulut. Apalagi makanan satu ini menyehatkan dan bebas dari bahan-bahan pengawet.

BACA JUGA : Model Rambut Wisuda Pakai Toga

Singkong yang dikenal sebagai makanan pengganti nasi ternyata sangat enak saat disajikan dengan saus gula merah dan santan. Apalagi rasanya yang pulen dan empuk akan membuat kalian ketagihan saat menyantapnya.

Dalam mengolah abikuk satu ini tidak boleh asal-asalan, karena nantinya akan mempengaruhi citarasa dan tekstur kuenya.

Tapi jangan kuatir, agar tidak keliru saat membuatnya, yuk simak cara, langkah, tips serta resep kue basah khas banjar ( Ambikuk ) berikut ini, hanya di Afuza.co.id.

BACA JUGA : Model Baju 17 Agustusan

 

Resep Kue Basah Khas Banjar / Ambikuk, Kue Singkong

Sumber : https://cdn.yummy.co.id/

Bahan-bahan yang diperlukan :
1 kg singkong ( kupas, lalu cuci bersih )
150 gram gula merah
500 ml santan kekentalan sedang
50 grm gula pasir ( sesuai selera )
1 lembar daun pandan ( simpulkan )
1/2 sdt garam

 

Cara membuat Ambikuk :

1. Pertama-tama, parut singkong, lalu peras airnya menggunakan kain bersih hingga kering. Hal ini bertujuan agar singkong tidak pahit.

2. Siapkan loyang pencetak dan olesi dengan minyak atau dapat juga diberi lapisan plastik. Lalu, masukkan singkong yang telah di peras ke dalam loyang.

BACA JUGA : Resep Puding Labu Kuning Santan Kara

3. Panaskan panci kukusan, serta bagian tutup panci dibungkus dengan kain bersih, agar nantinya adonan tidak terkena uap air.

4. Kukus adonan singkong tadi sampai matang hingga berubah warnanya menjadi agak kuning. Angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.

BACA JUGA : Cara Memakai Tamanu Oil

5. Selanjutnya, buat saus gula merah. Caranya, masak air santan dan daun pandan terlebih dahulu hingga mendidih. Aduk-aduk agar kuah santan tidak pecah.

6. Kemudian, tambahkan gula merah, gula pasir dan garam, masak hingga gula larut dan kuah mendidih. Jangan lupa untuk terus diaduk-aduk agar gula cepat larut.

7. Setelah mendidih, matikan api. Tata Abikuk dengan susunan potongan abikuk di bagian bawah, dan siram dengan saus gula merah.

8. Kue Abikuk khas Banjar siap dinikmati.

Sangat mudah sekali kan membuatnya? Makanan satu ini juga dapat dijadikan ide bisnis kalian saat bulan puasa ya… Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan dan ekonomis skali.

BACA JUGA : Resep Nugget Pisang Sederhana Tanpa Telur

Demikian ulasan mengenai resep kue basah khas Banjarmasin yang sangat lezat dan nikmat. Semoga ulasan barusan dapat menjadi inspirasi untuk kreasi masakanmu hari ini. Selamat mencoba!