Resep Kue Cucur Madura

0
128
resep kue cucur madura
Advertisement

Resep Kue Cucur Madura – Kue cucur adalah salah satu jajanan tradisional yang populer dan juga digemari oleh masyarakat. Umumnya, kue cucur ini biasa dijajakan oleh penjual aneka jajanan tempo dulu yang terdapat di pasar tradisional.

Kue cucur yang berasal dari Madura ini termasuk panganan tradisional yang sangat tenar di era 90-an. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kue cucur ini sangat sulit untuk ditemukan terutama di daerah perkotaan.

Advertisement

Kue cucur ini memiliki bentuk yang tebal dibagian tengah dan tipis di pinggirannya. Selain itu, kue ini juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat, sangat cocok untuk dinikmati dikala waktu bersantai bersama keluarga tercinta.

Selain rasanya yang nikmat, ternyata kue cucur ini juga mempunyai beragam manfaat kesehatan tubuh seperti bisa menambah nafsu makan, meningkatkan kecerdasan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

resep kue cucur madurSumber: https://www.karagamma.com

Penasaran dengan cara pembuatan kue tempo dulu yang lezat ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep kue cucur Madura yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Resep Kue Cucur Madura yang Enak dan Manisnya Memanjakan Lidah…

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung beras
  • 400 gram tepung terigu
  • 500 gram gula merah
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • Air secukupnya

resep kue cucur madurSumber: https://www.fimela.com

Cara Membuat Kue Cucur Madura:

  1. Pertama, campurkan gula pasir dan gula merah dalam panci. Tambahkan air kurang lebih 200 ml, kemudian masak sampai mendidih. Lalu tambahkan vanili, lalu aduk merata. Angkat, sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah lalu campurkan tepung beras dan tepung terigu. Masukkan air dan aduk sampai merata.
  3. Masukkan air gula yang sudah dibuat pertama tadi dengan adonan tepung. Pertahankan adonan menjadi cenderung kental, supaya tidak terlampau encer.
  4. Berikutnya panaskan minyak goreng, lalu tuangkan satu sendok sayur adonan. Tunggu sampai mengembang dan berserat-serat permukaannya.
  5. Balik jika sudah berserat-serat. Angkat dan tiriskan jika sudah matang.

Cara membuat kue cucur Madura ini sangat mudah bukan? Anda dapat mempraktekan membuat kudapan kue satu ini di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga artikel resep kue cucur Madura diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.