Home Makanan Resep Kue Ulang Tahun Kukus Mini

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Mini

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Mini – Apakah Anda ingin merayakan ulang tahun orang terdekat Anda? Jika Anda ingin membuat kejutan, tentunya Anda harus menyiapkan kue ulang tahun terlebih dahulu.

Membeli kue ulang tahun yang sudah jadi memang lebih praktis, namun tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, kue ulang tahun buatan sendiri tentunya akan lebih spesial dan berkesan.

Anda tidak tahu bagaimana cara membuat kue ulang tahun yang mudah dan tidak ribet? Jangan khawatir, terdapat solusi cara membuat kue ulang tahun bagi pemula yang mudah. Salah satu kue yang cocok untuk pemula ini yaitu kue ulang tahun kukus mini.

Selain ukurannya yang mini atau kecil, kue ulang tahun ini tidak memerlukan oven untuk memanggangnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga tidak serumit yang dibayangkan. Kunci pembuatan kue ulang tahun kukus mini ini terdapat pada bahan yang digunakan.

resep kue ulang tahun kukus miniSumber: https://www.bukalapak.com

Seperti tambahan mentega pada adonan. Bahan itulah yang dapat membuat kue ulang tahun buatan Anda sangat lezat dan lembut. Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep kue ulang tahun kukus mini yang sudah afuza.co.id rangkum berikut ini!

Baca Juga: Resep Martabak Telur Teflon Tanpa Kulit

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Mini yang Enak dan Lembut…

Bahan-bahan:
  • 1 gelas tepung terigu
  • 1 sdm emulsifier
  • 5 butir putih telur
  • 8 butir kuning telur
  • 200 gram gula halus
  • 1/2 sdt garam
Bahan yang Dicairkan:
  • 125 mentega
  • 1 sdm cokelat pasta
  • 100 gram cokelat masak pekat
Bahan yang Diayak:
  • 1 sdt baking powder
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 20 gram tepung mazeina
  • 125 gram mentega

resep kue ulang tahun kukus mini

Sumber: https://shopee.co.id

Bahan Hiasan:
  • Butter cream secukupnya
  • Cokelat masak pekat secukupnya
Cara Membuat Kue Ulang Tahun Kukus Mini
Untuk Kuenya:
  1. Pertama, panaskan wajan diatas kompor dengan api sedang, lalu masukkan bahan seperti mentega, cokelat pasta, dan cokelat masak pekat. Tunggu sampai mencair, aduk merata dan angkat. Sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan mangkok atau baskom besar. Masukkan telur lalu tambahkan gula dan emulsifer. Mixer merata semua bahan tersebut sampai mengembang dan mengental.
  3. Kemudian masukkan garam dan mixer merata lagi sampai adonan menjadi lebih pucat.
  4. Seandainya adonan sudah mengembang, masukkan bahan-bahan yang sudah diayak seperti baking powder, cokelat bubuk, tepung maizena, dan mentega. Kecilkan kecepatan mixer dan aduk semua bahan lagi agar tercampur merata.
  5. Berikutnya masukkan bahan-bahan yang sudah dicairkan pertama tadi. Mixer merata dengan kecepatan yang sedang.
  6. Setelah adonan sudah siap, masukkan adonan pada loyang kecil yang terlebih dahulu sudah diolesi margarin secara merata.
  7. Panaskan kukusan diatas api dan tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan loyang yang berisi adonan kedalamnya. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit sampai adonan kue menjadi lebih mengembang secara merata dan matang.
  8. Selanjutnya, angkat kue yang sudah matang. Sisihkan dan dinginkan terlebih dahulu. 

Sumber: https://shopee.co.id

Untuk Olesannya:
  1. Siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang lebih besar, masukkan whipped cream dan butter cream. Lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur merata selama kurang lebih 5 menit hingga adonan menjadi lebih kaku dan mengental.
  2. Selanjutnya cairkan coklat masak pekat menggunakan wajan dengan api yang sedang. Tunggu sampai cokelat mencair dan mengental secara merata. Lalu baru tuangkan dalam kocokan whipped cream jika semua bahan sudah dingin. Kocok merata lagi.
  3. Siapkan kue yang sudah jadi tadi, kemudian lapisi semua bagiannya dengan kocokan cream secara merata sampai terlapisi. Setelah itu Anda bisa mengiasi bagian atasnya dengan potongan cherry atau hiasan lain sesuai selera. Sajikan.

Cara membuat kue ulang tahun kukus mini sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekan membuat kue ulang tahun ini sendiri di rumah untuk kejutan orang tercinta. Semoga artikel resep kue ulang tahun diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit