Home Makanan Resep Manisan Kolang Kaling Betawi

Resep Manisan Kolang Kaling Betawi

Resep Manisan Kolang Kaling Betawi – Manisan kolang-kaling adalah camilan bertekstur lembut dan memiliki rasa yang manis. Manisan yang satu ini merupakan camilan khas Betawi.

Selain itu, manisan kolang-kaling juga sering dicari, terlebih pada saat bulan Ramadhan. Kudapan manis yang satu ini cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa, dan juga bisa dipadukan dengan es sirup yang segar. Kolang-kaling sendiri termasuk buah yang kaya manfaat.

Berbagai nutrisi terkandung di dalamnya yaitu seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, serat kasar, dan juga vitamin A, B, dan C. Kandungan tersebut tentunya tepat untuk membantu asupan nutrisi tubuh sehabis seharian berpuasa.

Manisan kolang-kaling yang dijual di pasaran kebanyakan sudah tidak segar lagi. Apalagi adanya penggunaan pewarna makanan yang berlebih yang akan membuat ibu-ibu khawatir jika manisan tersebut dikonsumsi juga oleh anak-anak mereka.

resep manisan kolang kaling betawiSumber: https://travel.kompas.com

Untuk itu, ada baiknya jika Anda membuat manisan kolang kaling Betawi sendiri di rumah. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket.

Penasaran dengan cara pembuatan kudapan manis yang satu ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep manisan kolang kaling Betawi yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Resep Manisan Kolang Kaling Betawi yang Manis dan Segarnya Memanjakan Tenggorokan…

Bahan-bahan:

  • 500 gram kolang kaling
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml fanta atau air soda rasa strawberry
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 ml pewarna makanan merah
  • ½ sdt garam
  • Air sisa cucian beras untuk merendam kolang kaling

resep manisan kolang kaling betawiSumber: https://www.orami.co.id

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Betawi:

  1. Cuci kolang kaling dengan air mengalir sampai bersih. Setelah itu rendam dengan air cucian beras selama 1 jam. Perlu Anda pastikan semua kolang kaling terendam dengan sempurna.
  2. Jika satu jam, bilas kolang kaling menggunakan air mengalir, lalu tiriskan.
  3. Siapkan panci, lalu masukan semua bahan dan juga kolang kaling. Masak menggunakan api kecil selama 45 menit atau hingga air berkurang. Aduk terus supaya seluruh bahan tercampur merata dengan sempurna.
  4. Setelah matang, tempatkan kolang kaling di dalam wadah dan biarkan uap panasnya hilang.
  5. Simpan manisan kolang kaling di dalam kulkas kira-kira 3 jam sebelum saat disajikan. Sajikan kolang kaling dalam kondisi dingin supaya lebih enak.

Cara membuat manisan khas Betawi ini sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekan membuat manisan kolang kaling Betawi di rumah untuk kudapan keluarga tercinta.

Semoga artikel resep kolang kaling Betawi diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit