Home Makanan Resep Membuat Cilung Basah

Resep Membuat Cilung Basah

Resep Membuat Cilung Basah – Pagi Anda para pemburu wisata kuliner, belum lengkap rasanya jika Anda tidak menjamah kota Bandung. Kota Bandung memang terkenal dengan berbagai kuliner jajanan lezatnya.

Jajanan yang populer di kota Bandung sendiri yaitu berbagai olahan berbahan dasar aci, seperti cilok, cireng, cimol dan juga cilung. Bicara mengenai cilung, cilung merupakan makanan ringan yang berbahan dasar tepung sagu (aci) yang berasal dari Jawa Barat.

Nama Cilung sendiri berasal dari kata ‘aci digulung’. Aci digulung dari bahasa Sunda sendiri mempunyai arti ‘tepung sagu yang disajikan dengan cara yang digulung-gulung’. Makanan bercita rasa gurih ini sering dijual di sekitar sekolah-sekolah dengan harga yang terjangkau.

resep membuat cilung basahSumber: https://resep-membuat.web.app

Oleh sebab itu, tidak jarang Cilung abon dikenal sebagai salah satu jajanan sekolah. Jajanan cilung ini  semakin lezat di lidah karena dipadu dengan rasa abon yang nikmat. Cara pembuatan makanan ini tidak sulit, tidak jauh berbeda dengan membuat telur dadar.

Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan pun sederhana dan mudah didapat dengan membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket. Jadi, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah untuk camilan keluarga tercinta.

Penasaran dengan cara membuat jajanan satu ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep membuat cilung basah yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Resep Sarang Laba Laba Kriuk

resep membuat cilung basahSumber: https://detiks.github.io

Resep Membuat Cilung Basah yang Lezat dan Gurihnya Bikin Ngemil Terus…

Bahan-bahan Cilung:

  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 8 sendok makan air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya

Bahan untuk Taburannya:

  • Abon cabe secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Baca Juga: Resep Tahu Berontak Padang

Sumber: https://id.pinterest.com

Cara Membuat Cilung Basah:

  1. Pertama, siapkan mangkuk, kemudian campurkan tepung sagu dengan air dan aduk-aduk hingga merata dan tepung sagu larut. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kedua, siapkan mangkuk lain lagi. Campurkan telur, merica dan garam, lalu kocok hingga berbuih, sisihkan.
  3. Selanjutnya siapkan wajan atau teflon yang biasa digunakan untuk membuat telur ceplok atau wajan anti lengkat. Kemudian olesi sedikit minyak goreng dan panaskan.
  4. Lalu masukkan sebanyak 2 sendok makan larutan tepung sagu ke dalam wajan tersebut sambil melingkar agar lebar dan merata.
  5. Kemudian masukkan juga 2 sendok makan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan yang sudah dituangkan adonan tepung sagu tadi, sambil diratakan agar keduanya tercampur dan menyatu.
  6. Berikutnya masukkan bahan isiannya seperti abon cabe. Tunggu hingga matang.
  7. Jika adonan cilung matang, gulung menggunakan tusuk sate dan letakkan diatas piring saji.
  8. Kemudian taburi parut keju secukupnya diatasnya, cilung abon siap untuk dihiangkan dan dinikmati.

Cara membuat cilung basah abon sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekan membuat sajian jajanan satu ini di rumah untuk camilan keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Pentol Pedas Malang

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit