Resep Pentol Pedas Malang

0
115
resep pentol pedas malang
Advertisement

Resep Pentol Pedas Malang – Jika Anda berpergian ke kota Malang, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi pentol pedas khas Malang. Selain dikenal sebagai ibukota dari cwie mie dan bakwan Malang, ternyata Malang juga populer dengan pentol pedasnya, lho.

Pentol pedas Malang belakangan ini memang menjadi tren tersendiri yang seru untuk diikuti. Camilan ini bentuknya hampir mirip dengan bakso, bahannya pun juga berasal dari daging sapi. Pada umumnya, pentol mentah dijual di pasar tradisional, khususnya area toko daging.

Advertisement

Pentol mentah dijual dengan harga yang murah sampai mahal, dan tersedia dengan ukuran kecil ataupun besar. Disarankan untuk mencari pentol dengan ukuran sedang, agar Anda dapat menikmati saat memakannya.

Pentol pedas Malang merupakan jajanan sejenis cilok yang biasa dijajakan para pedagang di depan sekolah dasar. Jajanan ini biasanya dijual oleh abang gerobak. Ternyata pentol pedas Malang ini tidak hanya menjadi makanan favorit anak-anak, namun juga orang dewasa.

Jajanan pentol pedas Malang ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, terlebih ditambah dengan rasa pedasnya. Dijamin siapapun yang mencicipinya akan ketagihan walaupun rasanya ekstra pedas.

resep pentol pedas malangSumber: https://www.idntimes.com

Pentol pedas Malang ini bisa Anda buat sendiri di rumah, lho. Cara membuatnya pun sangat mudah sekali, bahkan bahan-bahannya pun bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep pentol pedas Malang yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Resep Pentol Pedas Malang yang Pedasnya Nampol dan Bikin Nagih…

Bahan-bahan:

  • 30 pentol/bakso sapi/bakso ayam
  • 2 batang daun bawang, iris

Bumbu yang Dihaluskan (ulek kasar):

  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 20 cabai rawit

resep pentol pedas malang

Sumber: http://poskan.com

Bumbu Lain:

  • 3 cm jahe, geprek
  • 1 ruas kecil lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm gula merah, sisir
  • Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat Pentol Pedas Malang:

  1. Ulek kasar bawang putih, bawang merah, cabai keriting dan cabai rawit.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah diulek tadi bersama jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai beraroma harum dan matang.
  3. Beri air secukupnya, tunggu sampai mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, masukkan pentol. Aduk sampai merata.
  5. Bumbui dengan garam, merica, gula merah dan kaldu bubuk secukupnya. Koreksi rasanya.
  6. Terakhir, masukkan potongan daun bawang, dan tunggu sampai kuah menyusut. Angkat dan sajikan.

Pentol pedas Malang siap disajikan, cara membuatnya sangat mudah bukan? Anda dapat mempraktekan membuat pentol pedas Malang ini sendiri di rumah untuk keluarga tercinta.

Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiriĀ  di rumah.

Baca Juga: Resep Rendang Jengkol Istimewa