Home Makanan Resep Pepes Ikan Kembung Kelapa

Resep Pepes Ikan Kembung Kelapa

Resep Pepes Ikan Kembung Kelapa – Apakah Anda pecinta kuliner olahan pepes? Kuliner hidangan pepes identik dengan bahan dasar ikan, walaupun kini sudah banyak kreasi olahan pepes yang berasal dari bahan lain.

Meskipun bergitu, kuliner olahan pepes ikan tetap menjadi masakan yang digemari banyak orang dan menggugah selera. Pepes ikan memang memiliki rasa yang enak dan lezat, sebab hidangan ini diolah dengan perpaduan bumbu rempah pilihan yang meresap pada ikan.

Pepes ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Jika kebanyakan ikan diolah dengan cara digoreng, maka beda halnya dengan pepes. Makanan ini diolah dengan cara dibumbui dan dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dikukus.

Baca Juga: Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Iris

resep pepes ikan kembung kelapaSumber: https://geasy.wordpress.com

Setelah dikukus ada juga yang kemudian dibakar, ataupun langsung dibakar tanpa dikukus. Salah satu kuliner pepes ikan yang populer dan banyak disukai yaitu resep pepes ikan kembung kelapa. Kuliner pepes satu ini bercita rasa gurih, lezat dan nikmat.

Cara membuat pepes ikan kembung kelapa ini sangat mudah, bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai menu makan di rumah. Bahan-bahan yang  digunakan pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket.

Penasaran dengan cara membuat kuliner satu ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep pepes ikan kembung kelapa yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Resep Ikan Kakap Bumbu Kuning Tanpa Santan

resep pepes ikan kembung kelapaSumber: http://dapurmamaaisyah.blogspot.com

Pepes Ikan Kembung Bumbu Kelapa yang Lezat dan Nikmatnya Menggugah Selera Makan… 

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg ikan kembung segar
  • Beberapa lembar sayur kangkung
  • 150 gr kelapa parut
  • 3 lembar daun salam
  • Daun pisang secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 3 cabai rawit
  • 2 cm kencur
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt kunyit bubuk

Sumber: http://dapurmamaaisyah.blogspot.com

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Bumbu Kelapa:

  1. Cuci ikan kembung sampai bersih, lalu lumuri ikan kembung dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan 15 menit, lalu bilas bersih lagi dan sisihkan.
  2. Siapkan cobek, lalu haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, kencur, kemiri dan kunyit bubuk.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah bersih. Lalu campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan kelapa parut, daun kangkung, gula dan juga garam.
  4. Lumuri ikan kembung dengan campuran bumbu kelapa tadi. Letakkan masing-masing ikan kembung yang sudah dilumuri bumbu pada selembar daun pisang, beri selembar daun salam.
  5. Pastikan seluruh badan ikan terlumuri bumbu kelapa. Lalu bungkus ikan kembung dengan daun pisang sambil dipadatkan, kemudian semat dengan tusuk gigi.
  6. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit, lalu angkat.
  7. Terakhir, panggang atau bakar pepes ikan kembung sejenak di atas api. Sajikan.

Baca Juga: Resep Pepes Ikan Tongkol Khas Jawa Timur

Sajikan pepes ikan kembung kelapa bersama nasi putih hangat dan lalapan lainnya sesuai selera. Cara membuat sajian resep pepes ikan kembung kelapa sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat sajian lezat ini sendiri di rumah untuk menu makan keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Masakan Kerang Kupas Berkuah

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit