Resep Pepes Ikan Tongkol Khas Jawa Timur

0
90
resep pepes ikan tongkol khas jawa timur
Advertisement

Resep Pepes Ikan Tongkol Khas Jawa Timur – Bagi Anda yang sedang berpergian ke Jawa Timur, belum lengkap rasanya jika Anda tidak berwisata kuliner disana. Jawa Timur memang populer dengan masakannya yang dapat menggoyangkan lidah.

Berbagai kuliner masakan pedas menjadi salah satu andalannya. Tidak mengherankan jika banyak orang yang kembali mencicipi makanan khas Jawa Timur karena ketagihan. Mulai dari camilannya sampai makanan beratnya kaya akan berbagai cita rasa.

Advertisement

Kuliner yang berasal dari daerah Jawa Timur termasuk cukup mudah ditemukan. Tergantung menu yang dijajakan, harga yang ditawarkan pun bervariasi. Namun pastinya tidak akan sama dengan rasa masakan yang Anda buat sendiri.

Jika Anda membuat masakan sendiri, Anda dapat mengatur porsi yang dibutuhkan. Selain itu, olahan bumbu yang dimanfaatkan juga dapat sesuai dengan selera Anda. Ada banyak menu masakan Jawa Timur yang sangat mudah dibuat, lho. Salah satunya yaitu pepes ikan tongkol khas Jawa Timur.

resep pepes ikan tongkol khas jawa timurSumber: https://www.primarasa.co.id

Pepes ikan tongkol khas Jawa Timur ini merupakan salah satu lauk favorit masyarakat daerah Jawa Timur. Pepes ikan tongkol ini dibuat dengan berbagai macam bumbu dapur dan rempah pilihan. Jadi tidak heran jika sajian satu ini mempunyai aroma yang khas dan menggugah selera.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan pepes ikan tongkol ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Timur untuk mendapatkannya. Sebab, mulai sekarang Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. Cara membuatnya tidak sulit, bahan-bahan yang digunakan pun bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep pepes ikan tongkol khas Jawa Timur yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Resep Ikan Salmon Goreng Sambal Kecap

resep pepes ikan tongkol khas jawa timurSumber: https://kedapuraja.web.app

Resep Pepes Ikan Tongkol Khas Jawa Timur yang Lezatnya Menggugah Selera dan Bikin Nagih…

Bahan-bahan:

  • 250 gr ikan tongkol
  • 2 sdm minyak goreng
  • Daun pisang secukupnya, layukan supaya tidak mudah sobek¬†
  • Potongan lidi secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 gr cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit/sesuai selera
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1 sachet kecil terasi
  • 4 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • 1 cm jahe
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas

Sumber: https://cookpad.com

Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol Khas Jawa Timur

  1. Cuci bersih ikan tongkol, lalu tiriskan.
  2. Siapkan cobek, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, kemiri, jahe, kunyit dan lengkuas, serta garam dan gula secukupnya. Jika bumbu sudah halus semua, letakkan pada sebuah wadah. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan minyak goreng. Aduk merata.
  3. Letakkan ikan tongkol pada wadah bumbu tadi. Lalu aduk dan bolak balik sampai badan ikan tongkol terbaluri bumbu.
  4. Siapkan daun pisang dan potong-potong daun pisang untuk membungkus pepes.
  5. Letakkan ikan tongkol yang sudah terbaluri bumbu pada daun pisang, berikan sisa bumbunya. Lakukan pada semua potongan ikan tongkol. Usahakan merata dalam melapisi bumbu pada ikan.
  6. Gulung daun pisang yang sudah berisi potongan ikan yang telah diberi bumbu tadi dan semat ke-2 ujungnya dengan lidi, sisihkan.
  7. Siapkan bakaran, bakar pepes ikan tongkol tadi diatas kompor yang telah dialasi dengan seng. Bakar menggunakan api kecil sambil sesekali dibolak balik supaya matangnya merata. Bakar sampai matang dan pepes tidak mengeluarkan air lagi. Sajikan.

Pepes ikan tongkol khas Jawa Timur siap dihidangkan, nikmati sajian ini bersama nasi putih hangat dan lalapan kesukaan Anda. Cara membuat pepes ikan tongkol khas Jawa Timur tidak terlalu sulit bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat sajian pepes ikan tongkol khas Jawa Timur ini sendiri di rumah untuk menu makan keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga:  Resep Masakan Kerang Kupas Berkuah