Resep Pisang Bolen Bogasari

0
53
resep pisang bolen bogasari
Advertisement

Resep pisang bolen bogasari – Bogasari merupakan salah satu divisi yang terdapat dalam PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan merupakan salah satu perusahaan penggilingan tepung terigu terbesar di Indonesia.

Bogasari memproduksi berbagai jenis tepung terigu yang berkualitas yang berguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Advertisement

Sedangkan bolen pisang sendiri, sekarang ini terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas kota Bandung. Banyak toko kue besar yang menjual dan menyediakan bolen pisang dengan berbagai varian, misalnya salah satunya dengan isian keju atau cokelat.

Namun tak jarang juga banyak para pembuat kue ini mengkreasikannya dengan variasi lainnya seperti ubi ungu ataupun kacang hijau.

BACA JUGA : Resep Soto Babat Lamongan

Cirikhas dari makanan ini ialah berwarna coklat dan terdapat warna kuning serta taburan keju parut di atasnya. Biasanya kue ini dijual per boks, namun tak jarang juga banyak toko dan kantin yang menyediakan bolen pisang hanya per biji.

Citarasa yang manis sekaligus gurih dimiliki oleh bolen pisang, apalagi jika kamu mencoba varian rasanya yang coklat. Nikmati hidangan ini selagi hangat, dijamin coklat yang ada di dalamnya bakalan lumer di mulut.

Bagi kalian yang penasaran tentang bagaimana cara membuatnya. Yuk simak resep pisang bolen Bogasari yang nikmat dari Afuza.co.id berikut ini.

 

LANJUTKAN BACA ARTIKEL BERIKUT :

Cara Memakai Masker Green Tea Bubuk

Model Kue Ultah Sederhana

Resep Putri Salju Blueband

Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya

 

Resep Pisang Bolen Bogasari

Resep Pisang Bolen Bogasari
Sumber : https://vokasi.co.id/

Bahan-bahan :

Bahan A :
100 gr terigu pro tinggi (cakra kembar)
75 gr margarin

Bahan B :
200 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
75 gr margarin
2 sdm gula halus
70 ml air Sejumput garam

Isian :
3 buah pisang tanduk (kukus, potong-potong)
Meses secukupnya
Keju secukupnya

 

Cara membuat pisang bolen :

1. Buat bahan A, yaitu terigu dan margarin ke dalam wadah (baskom). Uleni adonan hingga tampak kalis dan tidak lengket di tangan. Setelah kalis, bungkus adonan menggunakan plastik, kemudian simpan ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit.

2. Selanjutnya buat bahan B, masukkan semua bahan B kecuali margarin. Aduk bahan hingga tercampur rata menggunakan centong. Barulah kemudian masukkan margarin dan uleni hingga adonan bertekstur bergerindil.

3. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit ke adonan yang bergerindil. Uleni hingga adonanya tercampur rata dan kalis. Setelah itu, simpan pula adonan B ke dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.

4. Keluarkan adonan A dan bagi menjadi kurang lebih 20 bagian. Bulatkan. Lakukan cara satu ini ke adonan B. Sama persis.

5. Setelah itu ambil adonan B kemudian pipihkan menggunakan rolling pint. Jika sudah pipih,taruh adonan A di tengah-tengah adonan B, kemudian bungkus menyerupai surat. Pipihlan kembali dengan Rolling pint dan bentuk kembali menyerupai surat. Lakukan cara ini hingga kedua bagian adonan habis.

6. Diamkan lipatan adonan selama 15 menit agar rileks.

7. Pipihkan kembali adonan dengan rolling pint dan beri isian bolen seperti potongan pisang, keju, dan juga meses. Kemudian lipat adonan dan olesi menggunakan bahan olesan. Kamu juga harus memberikan toping meses ataupun keju parut di atasnya.

8. Panaskan oven panggangan. Jangan lupa pula siapkan loyang yang sudah diberi sedikit margarin agar tidak lengket.

9. Setelah oven panas, pangagang selama kurang lebih 45 menit hingga bolen matang dengan sempurna.

10. Angkat bolen. dan biarkan agar agak dingin terlebih dahulu. Bolen siap disantap.

BACA JUGA : Review Parfum Lokal yang Tahan Lama

Demikian pembahasan tentang cara dan resep pisang bolen bogasari yang super lezat. Semoga cara di atas dapat bermanfaat, selamat mencoba ya Foodies!