Resep Sawut Singkong Pelangi

0
67
resep sawut singkong pelangi
Advertisement

Resep Sawut Singkong Pelangi – Apakah Anda pernah mencicipi sawut singkong? Sawut merupakan makanan tradisional yang memakai singkong parut kasar sebagai bahan utamanya. Kudapan yang memiliki citarasa legit dan gurih ketika dimakan ini memang populer di kalangan masyarakat Jawa.

Biasanya sawut dapat Anda temukan di penjaja cenil, karena cenil sendiri digunakan sebagai pelengkapnya. Rasa manis kudapan ini sendiri berasal dari gula merah yang dicampur dalam parutan singkong.  Salah satu kreasi kudapan sawut yang memiliki warna menarik dan menggugah selera yaitu sawut singkong pelangi.

Advertisement

Cara membuat sawut singkong pelangi ini sangat mudah sekali. Hanya ada tiga bahan utama yang dibutuhkan yaitu singkong parut kasar, gula pasir halus, dan gula merah. Dengan tiga bahan utama tersebut, Anda sudah bisa membuat kudapan sawut yang lezat.

Penasaran dengan resep dan cara pembuatannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep sawut singkong pelangi yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

resep sawut singkong pelangiSumber: https://resepgulaku.com

Resep Sawut Singkong Pelangi yang Legit dan Gurihnya Memanjakan Lidah…

Bahan-bahan:

  • 500 gram singkong
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 bks vanili bubuk
  • Pewarna makanan sesuai selera (warna pelangi)

Bahan Taburan:

  • 100 gram kelapa parut, lalu kukus dengan sedikit garam halus

resep sawut singkong pelangiSumber: https://cookpad.com

Cara Membuat Sawut Singkong Pelangi:

  1. Pertama, kupas singkong lalu cuci sampai bersih. Setelah itu serut kasar.
  2. Selanjutnya, aduk singkong serut dengan garam, gula dan vanili sampai merata. Kemudian bagi menjadi tiga bagian. Berikan setiap bagian dengan pewarna makanan yang berbeda-beda. Aduk merata setiap warna.
  3. Setelah itu, taruh masing-masing adonan singkong dalam wadah. Tambahkan potongan daun pandan.
  4. Berikutnya, panaskan panci kukusan lalu kukus singkong sampai matang. Angkat.
  5. Terakhir, bentuk atau cetak singkong serut berbentuk kerucut kecil. Taburi dengan kelapa parut, sajikan.

Sajikan sawut singkong pelangi sebagai teman minum teh di sore hari. Cara membuat sawut singkong sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekan membuat kudapan sawut singkong pelangi sendiri di rumah untuk keluarga tercinta.

Semoga artikel mengenai resep sawut singkong pelangi diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.