Resep Soto Babat Lamongan

0
139
resep soto babat lamongan
Advertisement

Resep soto babat lamongan– Siapa sih yang tidak mengenel soto, makanan yang satu ini terkenal dengan kenikmatanya yang sangat lezat serta memiliki kuah yang menyegarkan.

Apalagi jika disajikan dengan seporsi nasi hangat, serta perkedel kentang, dijamin rasanya makin mantap dan membuat anda merasakan nikmat yang tiada tara.

Advertisement

Serta adanya potongan babat yang disiram dengan kuah gurih dan beraroma harum akan semakin memanjakan lidah.  Salah satu soto yang terkenal ialah soto babat dari Lamongan.

Daripada hanya membayangkannya saja, yuk coba buat sendiri makannan satu ini dengan resep soto babat lamongan dari Afuza.co.id

Baca Juga : Resep Makan dari Singkong
Baca JugaResep Kue Cake Sederhana dan Murah

 

Resep Soto Babat Lamongan Enak, Lezat dan Mudah

Sumber : https://img-global.cpcdn.com/

Bahan yang dibutuhkan :

750 gram babat sapi (cuci bersih)
4 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
2 batang daun bawang (iris halus)
1,5 liter air bersih untuk merebus
Minyak sayur (secukupnya)
Tauge rebus (secukupnya)
1 batang daun seledri, iris halus
Bawang merah goreng
Tomat merah 2 buah (potong menjadi 8)

Bahan halus :

5  siung bawang putih
Jahe segar 1 ruas jari
Garam secukupnya
4 butir kemiri sangrai
1 sdt merica bubuk
2 cm kunyit

 

Cara membuat :
  1. Pertama-tama olah terlebih dahulu babat untuk campuaran soto. Cuci bersih babat kemudian potong hinga berbentuk kotak-kotak kecil.
  2. Setelah itu, rebus babat menggunakan panci presto hingga matang dan empuk. Serta tambahkan pula daun salam dan daun jeruk.
  3. Langkah selanjutnya, Anda harus menumis bumbu halus serta bahan lainya seperti daun salam, serai, serta daun jeruk. Masak terus hingga tumisan berminyak dan matang. Hal ini bertujuan agar kuah soto anda beraroma makin sedap.
  4. Jangan lupa masukan juga potongan babat tadi kedalam tumisan bumbu aduk-aduk hingga babat terbalut bumbu sepenuhnya.
  5. Setelah anda selesai menumis bumbu dan babat tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat kuah soto. Siapkan panci terlebih dahulu.
  6. Setelah itu, pindahkan bumbu tumisan dan babat ke sebuah panci. Tuangkan air bersih ke dalam panci kurang lebih 1,5 liter. Aduk-aduk sebentar dan biarkan hingga kuah sto mendidih.
    Jangan lupa untuk mencicipi rasa dan memberi garam, gula pasir serta penyedap rasa. Jika kuah sudah mendidih dan memiliki rasa yang pas, matikan api.
  7. Setelah kuah matang anda dapat menyajikannya, pertama siapkan mangkuk dan tata bahan pelengkap mulai dari nasi kemudian tauge rebus.
  8. Kemudian tuangkan kuah soto dengan potongan babat di atasnya. Beri tomat, potongan daun seledri yang di iris halus, dan bawang goreng. Kamu juga boleh menambahkan telur rebus di atasnya. Soto babat Lamongan siap untuk dinikmati.

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk mengolah makanan satu ini. Jika kamu menginginkan kreasi yang berbeda, kamu dapat mengganti nasi dengan menggunakan ketupat. Tak usah khawatir, rasanya tetap mantap dan nikmat kok!

Semoga resep soto babat Lamongan di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Memasak Terong Hijau
Baca JugaResep Brownies Chocolatos Legit