Resep Tahu Berontak Padang

0
113
resep tahu berontak padang
Advertisement

Resep Tahu Berontak Padang – Apakah Anda pecinta makanan yang berbahan dasar tahu? Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.

Tahu sendiri memiliki tekstur yang cenderung lembut dan mudah dikunyah, jadi tidak heran jika banyak disukai. Seringkali tahu biasa diolah menjadi menu sajian yang lezat dan tentunya nikmat, seperti tahu isi, tahu campur, tahu berontak, dan masih banyak lagi lainnya.

Advertisement

Artikel kali ini akan membahas salah satu olahan kuliner daerah berbahan dasar tahu, yaitu tahu berontak Padang. Tahu berontak merupakan cemilan gorengan populer khas Sumatera, tepatnya di provinsi Sumatera Barat, Padang.

Di daerah asalnya, camilan ini memang menjadi salah satu bisnis kuliner yang menguntungkan. Tahu berontak Padang ini tidak cuma cocok untuk makanan pelengkap teman makan nasi putih saja, tetapi juga cocok dijadikan sebagai camilan setiap hari.

resep tahu berontak padang

Sumber: https://www.youtube.com

Selain enak, ternyata tahu berontak Padang ini juga sangat lekat sejarahnya dengan perjuangan bangsa Indonesia, lho. Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan camilan ini, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Padang untuk bisa mendapatkannya.

Sebab, Anda juga dapat membuat tahu berontak Padang sendiri di rumah. Cara membuatnya pun sangat mudah. Bahkan bahan-bahannya pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep tahu berontak Padang yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga:  Resep Pentol Pedas Malang

resep tahu berontak padangSumber: https://www.youtube.com

Resep Tahu Berontak Padang, Camilan Khas Daerah yang Nikmat…

Bahan-bahan:

  • 2 potong tahu
  • 9 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 buah kol, blender
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 10 butir bakso

Sumber: https://www.youtube.com

Cara Membuat Tahu Berontak Padang:

  1. Siapkan panci dan air secukupnya, lalu rebus tahu sebentar. Selanjutnya tiriskan, lalu hancurkan dengan garpu, sisihkan.
  2. Siapkan panci lagi, lalu rebus bakso sebentar. Selanjutnya tiriskan, dan potong kecil-kecil untuk isian tahu berontak, sisihkan.
  3. Siapkan blender, lalu blender kol dengan air secukupnya, sisihkan. Kol ini merupakan grindil khas tahu berontak.
  4. Siapkan cobek, lalu ulek bawang merah, bawang putih dan merica. Sisihkan.
  5. Iris tipis daun bawang, sisihkan.
  6. Siapkan wadah bersih, campurkan tahu, bumbu bawang yang sudah dihaluskan, irisan daun bawang, tepung terigu, tepung maizena, kol dan air. Aduk sampai semua bahan tercampur merata. Tambahkan garam dan kaldu jamur. Aduk merata dan koreksi rasanya.
  7. Berikutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Berikutnya, ambil 1 sendok makan adonan, isi dengan bakso yang sudah dipotong-potong. Lumuri lagi dengan adonan untuk menutupi bakso, selanjutnya goreng hingga mateng.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Jika masih ada minyak goreng, Anda dapat menaruh pada piring yang sudah dialasi tisu terlebih dahulu.
  9. Terakhir, tata tahu berontak di piring saji, sajikan.

Tahu berontak Padang siap disajikan sebagai camilan, agar semakin nikmat Anda bisa menyajikannya bersama saus sambal pedas atau cabai rawit. Cara membuat tahu berontak Padang sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat tahu berontak Padang sendiri di rumah untuk camilan keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Es Pisang Coklat 1000an