Resep Tape Ketan Cup

0
53
resep tape ketan cup
Advertisement

Resep tape ketan cupBagi para pecinta makanan tradisional bercitarasa manis, pasti sudah kenal dengan makanan satu ini, siapa lagi jika bukan si tape ketan.

Sebenarnya tape tak hanya terbuat dari beras ketan saja, ada juga tape singkong atau yang biasa disebut peyeum.

Advertisement

Namun tape yang biasanya disuguhkan pada acara tertentu biasanya ialah tape ketan. Selain memiliki tampilan yang cantik, bungkusnya pun lebih praktis, yaitu menggunakan cup atau daun pisang.

Tape ketan juga sering dijadikan topping di atas es krim ataupun es campur. Karna memiliki warna yang colorfull dan dapat menarik perhatian. Apalagi rasanya yang khas yaitu manis alami dan menyegarkan.

Sekarang ini sangat mudah menemukan tape ketan, toko-toko kue pun kadang sering menyediakan makanan satu ini.

Nah, bagi kalian yang rindu dengan makanan manis satu ini, namun toko-toko disekitar kamu tidak menyediakannya. Jangan risau, kini kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, caranya pun sangat mudah.

Oleh karena itu, yuk simak cara dan juga resep tape ketan cup dari Afuza.co.id berikut!

 

LANJUT BACA ARTIKEL :

Resep Soto Babat Lamongan

Model Kue Ultah Sederhana

Resep Kue Kering Mawar Blue Band

Review Bio Oil untuk Wajah

 

Resep Tape Ketan Cup Warna Hijau

Sumber : https://img-global.cpcdn.com/

Bahan-bahan :

1 kg beras ketan putih
3 butir ragi untuk tape
2 sdm gula pasir
1 sdt pasta pandan

 

Cara Membuat :

1. Pertama, cuci bersih beras ketan hingga kesat dan air cuciannya bening. Kemudian rendam berah selama 2 jam. Barulah, masukkan pasta pandan dalam air rendaman, aduk hingga rata, dan rendam kembali selama semalam. Tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

2. Langkah selanjutnya, rebus air dalam panci pengukus hingga mendidih, lalu masukkan ketan yang telah direndam ssemalaman. Kukus selama 15 menit atau hingga beras ketan setengah matang.

3. Setelahnya, didihkan kembali air dalam panci yang berbeda. Lalu setelah mendidih siramkan di atas beras ketan yang ada di kukusan hingga rata. Tutup kembali dan tunggu hingga beras benar-benar matang kurang lebih 5-10 menit-an.

4. Jika dirasa sudah matang dan beras empuk, angkat lalu ratakan di loyang plastik agar tidak lengket. Tunggu agar ketan benar-benar dingin.

5. Apabila ketan sudah dingin, gerus ragi hingga bertekstur halus. Kemudian taburkan di atas ketan tersebut, bersamaan dengan gula pasir. Tabur ke seluruh permukaanya.

6. Lalu, aduk ketan yang sudah diberi taburan gula dan ragi hingga tercampur rata menggunakan spatula roti.

7. Setelah semua tercampur rata, masukkan adonan ketan ke dalam cup, mangkuk plastik atau pun dibungkus dengan daun pisang.

8. Tutup rapat bagian penutupnya dan simpan dalam ruangan tertutup.

9. Biarkan hingga sekitar 2-3 hari, kemudian keluarkan ketan dari tempat penyimpanan dan simpan di dalam kulkas.

10. Ketan siap disantap.

Baca Juga : Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya

Demikian resep tape ketan cup yang cocok untuk semua acara-acara terutama lebaran hari Raya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan semoga berhasil saat mencobanya!