Tips Menyangrai Biji Kopi

Tips Menyangrai Biji Kopi

Tips Menyangrai Biji Kopi – Untuk menyangrai biji kopi di rumah pasti akan mengalami kesulitan, dan mungkin akan terlalu ribet untuk menyangrai dengan peralatan dapur. Namun menyangrai kopi ini bisa menjadi sulit dan juga bisa menjadi menyenangkan untuk bereksplorasi bagaimana tingkatan sangrai dan pengaruhnya terhadap rasa.

Sekilas, mungkin kamu akan berfikir, untuk apa menyangrai biji kopi di rumah? bukankah itu hal yang akan menghabiskan waktu? Dan belum tentu juga hasil biji kopi yang disangrai di rumah dapat menghasilkan sajian kopi yang nikmat? Sebenarnya, jauh sebelum minuman kopi menjadi tren hingga sekarang ini, banyak masyarakat penikmat kopi di beberapa negara menyangrai biji kopi mereka di rumah. Bukan berarti masa itu tidak ada mesin roasting, hanya saja menyangrai biji kopi di rumah merupakan kebiasaan yang kini menjadi tradisi di beberapa negara, misalkan seperti di Finlandia. Sekitar pada tahun 1950an, dapur rumah tangga di Finlandia mempunyai alat sangrai di rumah mereka.

Jadi sebenarnya bukanlah hal aneh jika seseorang menyangrai biji kopi mereka di rumah, terlepas apakah mereka menyangrai untuk eksplorasi ataupun untuk memenuhi kebutuhan harian mereka akan sajian kopi.

Mungkin sedikit tips dari afuza.co.id ini bisa membantu kamu untuk menyangrai biji kopi di rumah.

1. Membeli / menyiapkan Biji Kopi Mentah

Tips Menyangrai Biji Kopi

Untuk menyangrai biji kopi di rumah, kamu tidak perlu sampai membeli satu karung penuh biji kopi, cobalah mencari tau di mana tempat membeli biji kopi mentah dalam jumlah kecil. Sekitar 500 gram saja sudah cukup untuk kamu mulai menyangrai biji kopi di rumah.

2. Metode Sangrai

Teknik dalam menyangrai biji kopi ada banyak metodenya, memilih alat yang digunakan, memilih sumber panas juga perlu dipertimbangkan. Untuk mesin sangrai elektrik mungkin tidak terlalu menjadi soal, namun bagaimana jika menggunakan kompor, oven, bisa jadi menyangrai akan memerlukan waktu yang lama.

3. Tingkatan Sangrai

Sebelum menentukan tingkatan pada saat menyangrai biji kopi, kamu harus mempelajari bagaimana tingkatan sangrai berpengaruh terhadap profil rasa kopi. Apakah memilih dark ataupun light, jika inginkan sajian kopi yang kaya ada baiknya sangrai pada tingkatan light, namun ini tergantung biji kopinya juga. Untuk roasting dalam skala kecil, biasanya waktu yang diperlukan sekitar 10 – 15 menit.

4. Fase Sangrai

Tips Menyangrai Biji Kopi

Tidak jauh berbeda pada tahap sangrai menggunakan mesin sangrai, akan tetapi untuk menyangrai di rumah kemudahannya bisa mengontrol panas berlebih. Untuk menyangrai 50gr jika kamu memulainya di suhu 250 derajat, saat warna biji kopi mulai berangsur berubah kecoklatan, ada baiknya menurunkan suhu dan tetap menjaga panas menyeluruh ke biji kopi secara merata. Akan terlihat jelas fase sangrai, yang dimulai dari drying, yellowing, dan first crack.

5. Resting

Pada tahap ini, biji kopi setelah sangrai didiamkan di wadah untuk menormalkan suhu biji kopi yang sudah disangrai. Ada yang hanya mendiamkannya saja, ada juga yang mendinginkan suhu dengan fan.

6. Menikmati Kopi yang Baru Disangrai

Tips Menyangrai Biji Kopi

Ini yang paling penting, kamu akan merasakan perbedaan kopi yang disajikan setelah baru disangrai dibandingkan beberapa hari setelah sangrai. Untuk merasakan perbedaannya cobalah kamu seduh biji kopi yang baru beberapa menit disangrai, dengan beberapa jam setelah disangrai, ataupun setelah beberapa hari, manakah yang lebih nikmat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *